Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

PENYAKIT-PENYAKIT MULUT PADA ANAK

Posted on: Februari 25, 2008

Ada beberapa jenis penyakit yang kadang-kadang dijumpai pada jaringan lunak mulut, seperti pada bibir, lagit-langit dan lidah. Penyakit-penyakit tersebut adalah :

1. Gingivitas ulseratif akut.

Biasanya pada pasien berumur 16- 30 tahun . Penyebabnya kurang diketahui, mungkin disebabkan oleh beberapa organisme yang diikuti oleh lemahnya daya tahan tubuh.

2. Gingivostomatis herpetik akut.

Penyakit ini biasanya dijumpai pada anak-anak umur sekitar 3 tahun. Bila terserang penyakit ini, si anak akan menjadi rewel dan tidak mau makan. Penyebabnya virus herpes simplex.

3. Luka pada sudut mulut ( keilitis angularis)

Adanya luka-luka kecil pada sudut kiri dan kanan dapat terjadi pada anak-anak yang kurang gizi. Penyakit ini merupakan manifestasi dari keadaan kurang gizi, dan luka yang terjadi sering mengalami infeksi sekunder oleh sebangsa jamur yang diberinama Candida Alibicans atau bakteri Stapylococus Aureus. Penyembuhan secara tuntas baru terjadi apabila keadaan si penderita diperbaiki.

4. Lidah putih ( White Coated Tongue).

Dalam keadaan normal lidah dilapisi oleh lapisan mukus, sel-sel epitel yang mengalami deskuamasi, dan kotoran yang berasal dari sisa makanan. Karena pada orang yang sehat lidahnya selalu bergerak dan ludah mengalir secara normal maka lapisan terbentuk tipis saja. Tetapi bila seseorang sehingga lidahnya kurang bergerak, cairan ludah kurang dan adanya demam akan memungkinkan terbentuknya lapisan pada lidah yang cukup tebal dan berwarna putih. Keadaan lidah yang demikian bisa menyebabkan rasa tidak enak pada mulut penderita, dan lapisan putih ini agak sukar dibersihkan. Untuk membersihkannya bisa digunakan larutan hidrogen peroksida 1 persen.

5. Guam ( Thrush)

Penyakit ini merupakan bercak-bercak putih pada lidah, langit-langit dan bagian dalam pipi. Guam dibsebabkan oleh jamur Candida Albicans, dan sering terjadi pada bayi dimana reaksi imunitasnya belum aktif. Selain itu, guam bisa terjadi pada anak-anak atau orang dewasa yang menderita penyakit berat, atau penderita yang mendapat pengobatan dengan antibiota dalam jangka waktu yang lama sehingga ekologi mulut terganggu dengan berkembang biaknya jamur secara cepat. Penyakit ini dapat diobati dengan mengoleskan larutan Gentian-violet 1 persen atau dengan larutan /tablet isap/krem yang mengandung antibiotika yang efektif terhadap jamur.

6. Sariawan(Aphtae).

Penyakit ini berupa luka-luka kecil dengan diameter kira-kira 1 mm.Luka terasa nyeri, dan bisa mengenai lidah, dasar mulut, bibir atau bagian dalam dari pipi. Lukanya berwarna putih atau abu kekuning-kuningan , dengan bagian tepi yang berwarna merah dan sedikit meninggi. Karena luka terasa nyeri , maka penderita biasanya mengalami kesukaran dalam berbicara dan mengunyah.

Sariawan biasanya dapat hilang sendiri setelah 10-14 hari. Untuk membantu selama belum sembuh dapat digunakan pasta atau gel yang mengandung bahan antiradang, dengan cara dioleskan pada lukanya. Untuk mencegah timbulnya infeksi sekunder dapat digunakan antiseotik berupa obat kumur atau tablet hisap.

Penyebab dari sariawan belum terungkap jelas, tetapi beberapa faktor diduga sebagai faktor pencetus, yaitu kondisi tubuh yang terganggu karena sakit, trauma atau luka karena sikat gigi dan stres. Mikroorganisme yang sering disebut-sebut berperan dalam terjadinya sariawan adalah virus dan streptoccocus sanguinis.

7. Bibir sumbing.

Bibir sumbing terjadi karena kesalahan pada proses bersatunya tulang bibir pada rahang atas. Hal ini dapat terjadi karena infeksi pada masa kandungan oleh faktor keturunan. Kesalahan ini dapat diperbaiki dengan operasi oleh ahli bedah mulut.

About these ads

14 Tanggapan to "PENYAKIT-PENYAKIT MULUT PADA ANAK"

hm……..lo oral thrush tu biasanya terjadi pada bayi umur berapa?
lo dari riwayat kehamila, persalinan, ato imunisasi ngaruh gak yach……..
makasih……..!!!!

biasanya obat apa yang bisa mengobati Gingivostomatis herpetik akut? truz pencegahan untuk penyakit tersebut bagaimana?

napa kreteria penyakit gak sepenuh nya di terjemah kan

Kalo di dalam mulut terasa gatal, itu penyakit apa ya?

wa berguna banget coy!!Jgn lupa tuker link ya!!

Maaf
Ta’ copy isinya yah.. da tugas, n kebetulan dapat di bloknya..!!

Bloknya sangat membantu..!!
Makasih..

bleh minta tolng ngk??
cariin bahan mengenai rubber dam dong…
klo bisa referencynya bahasa indonesia yachh…truz taon 2000an…thankss

baby ku sdh sbln ini rewel ga mau makan,umur nya 1,1bln.
biasanya doyan bgt makan.lidah nya putih tebal n ada lapisan warna yg sisa makan yg nempel.udah cb di korek pake kasa plus obat lidah,tp ga mau bersih jg malah baby ku histeris nangis trs.jd kasihan.plz dong siapa yg pny info apa ya obatnya?apa hrs konsul ke dr anak?.tq

hi,ibu lani anak saya juga pernah mengalami penyakit seperti itu bahkan sampai seprti berlubang pada bagian tengah lidahnya.saya juga pakai obatnya tapi tidak sembuh yang jelas cepat saja ibu bawa ke dokter anak sebelum sakitnya lebih parah.semoga cepat sembuh.

kenapa sih lidah aku koq warnya puth trus ada bintik” merah kecil banyak ?penyebb, n obatnya apa sih .

makasih .:)

Aq bingung, mulut.q di bagian pojok kanan jadi cekung beda sama yang kiri, g kenapa2.,.. Tp npa za yg kanan, g bz makan., buka mulut aj cuman dikit. . Ruz makan haruz di halusin dlu,, emgx aq msih ank kecil?? Aq dh 19 thn?? Apa za obatnya

terimakasih atas blog nya.. GUAM (Thrush) sudah teratasi. Once again MAULIATE

Apa sih obat sariawan bagus??

Bagaimana kalau sariawan yang menahun

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Februari 2008
S S R K J S M
« Des   Apr »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Blog Stats

  • 417,807 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: