Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

KAWAT GIGI, ANTARA TREND DAN KEPERLUAN

Posted on: Juni 28, 2007

Sampai sekarang, memakai kawat gigi masih menjadi tren. Dari orang biasa, sampai selebritis, ramai-ramai memakainya. Meski harganya ‘selangit’, penggemar kawat gigi ini tetap saja banyak. Sekadar tren, atau memang perlu?

Meskipun fungsi utamanya bukan untuk hiasan, tapi kenyataannya, banyak orang menjadikan kawat gigi sebagai aksesoris. Bentuk serta bahan yang unik, menjadikan kawat perata ini menjadi penghias gigi. Padahal, tidak sembarang orang membutuhkan kawat gigi, lo.

KLIK - Detail Menurut Drg. Ines Nisa Khairi, Sp. Ort, dari Klinik Kharinta, Bintaro Jaya, kawat gigi dibutuhkan untuk memperbaiki gigi yang letaknya tidak pada tempatnya, bertumpuk dan berjejal-jejal sehingga kekurangan tempat, tumbuh terlalu jarang sehingga ada celah di antara gigi-gigi, atau letaknya terlalu maju atau mundur. “Kondisi gigi seperti itulah yang dapat diperbaki dengan dibantu alat yang disebut kawat gigi.”

Masalah yang terdapat pada gigi dapat disebabkan oleh faktor genetika atau faktor lain, seperti kebiasaan saat kecil. Seperti dituturkan Drg. Lita R. Darmawan, spesialis kosmetik gigi yang juga berpraktik di Klinik Kharinta, gigi yang berjejal atau jarang-jarang dapat diakibatkan karena faktor keturunan atau genetik. “Tapi bisa juga diakibatkan karena tindakan pencabutan gigi sehingga ada ruang kosong di mulut.”

Selain karena pencabutan, gigi yang terlalu maju atau tonggos bisa disebabkan karena kebiasaan waktu kecil yang suka ngedot atau mengisap jempol. “Atau bisa juga karena kebiasaan menelan ludah dengan lidah mendorong gigi ke arah depan,” ujar Lita.

Menurut Ines dan Lita, perawatan dengan kawat gigi bisa dilakukan sedini mungkin. “Sejak usia 8 tahun sudah bisa dilakukan perawatan.” Yang penting, lanjutnya, orang yang dipasang kawat gigi bisa menjaga kebersihan giginya agar selalu higienis.

Namun, masalahnya, tak jarang para remaja atau ABG (Anak Baru Gede) yang tidak memiliki masalah dengan giginya cenderung memaksa orang tua untuk memasang kawat gigi. “Para ABG harus diberi pengertian, jika dipasang di gigi normal, kawat akan berakibatkan gigi rata jadi aneh bentuknya,” tegas Lita.

PERENCANAAN TERTULIS
Apa saja yang harus dilakukan sebelum kawat gigi dipasang? Pertama kali, dokter harus menentukan dulu masalahnya. “Dibutuhkan cetakan model gigi, memotret, merontgen gigi, kepala, serta wajah pasien. Maksudnya tak lain agar perawatan benar-benar sempurna dan tidak asal-asalan. Setelah ditetapkan masalahnya, baru ditentukan apa yang terbaik untuk si pasien,” jelas Ines.

Lita menambahkan, foto wajah penting sekali karena berpengaruh pada profil wajah seseorang setelah berhasil memakai kawat. “Karena kawat akan mengubah wajah, maka pasien harus tahu wajahnya sebelum dan sesudah memakai kawat gigi.” Perencanaan itu harus dipaparkan pada pasien agar mereka tahu masalah dan bagaimana tindakan yang dilakukan dokter. Termasuk estimasi biaya, mulai dari harga kawat, biaya kontrol, dan biaya penggantian kawat dan pemeliharaan sesudah kawat dilepas.”

Bahkan, lanjut Lita, sebaiknya pasien pun memiliki salinan dari perencaan tertulis tersebut. “Sehingga, baik bagi pasien maupun dokter, bisa mencapai kepuasan yang seimbang. Jangan sampai nanti ada pihak yang merasa dirugikan. Sebab pemasangan kawat ini lumayan lama, sekitar 1-2 tahun lamanya. Dan perencanaan seperti ini bersifat claim, untuk mengantisipasi jika terjadi apa-apa.”

Untuk pasien yang punya gigi berlubang, harus dilakukan perawatan penambalan gigi dulu sebelum dipasangi kawat. Jadi, pada saat memakai kawat, gigi-giginya sudah bersih dan kondisinya baik semuanya.

Saat pertama kali kawat gigi dipasang, ada beberapa keluhan yang akan dirasakan pasien. “Yang paling sering rasa sakit pada saat alat mulai diaktifkan, selama 1-2 hari. Tapi tidak semua orang merasakannya. Ada juga yang menderita sariawan di sekitar mulutnya. Mungkin karena alatnya terlalu tajam. Tapi ini dapat diminimalkan, kok,” janji Ines.

JENIS DAN SISTEM

Kawat gigi ada yang terbuat dari metal, atau clear, alias transparan yang berwarna seperti warna gigi. Yang clear, bahannya ada yang terbuat dari composite, porselin, atau plastik. Yang paling banyak digunakan di Indonesia kawat dari metal dan composite.

Ines mengingatkan, terlepas dari bahan apapun, hal terpenting dari kawat gigi adalah sistemnya. Sistem yang berbeda menentukan mahal atau murahnya harga kawat gigi. “Yang paling sering dipakai jenis kawat gigi dengan sistem straight wire atau conventional bracket. Sedangkan sistem bracket yang harganya paling mahal adalah sistem damon. Sistem damon merupakan sistem bracket yang paling baru dan mahal.”

Menurut Ines, harga sistem damon menjadi lebih mahal karena meminimalisasi waktu kontrol ke dokter. Biasanya, pasien yang pakai kawat biasa harus kontrol ke dokter 3 minggu sekali. Sementara, pemakai sistem damon bisa kontrol 2 bulan sekali saja. “Kelebihan lain, sistem ini tidak menggunakan karet pada penahan giginya. Jadi, sistemnya mengunci gigi satu-satu sehingga membukanya pun lebih mudah.”

Namun, bagi pemakai kawat gigi berusia anak-anak, justru kawat gigi dengan penahan karetlah yang sangat disukai. Karena karetnya berwarna-warni dan dapat diganti sesuai warna kesukaan pemakainya. “Padahal, fungsi sesungguhnya adalah sebagai penahan dari kawat gigi.”

PAKAI PENAHAN
Keberhasilan perawatan dengan kawat gigi, umumnya mencapai 90 hingga 99 persen. “Tapi yang lebih penting adalah perawatan setelah pemasangan kawat,” tandas Lita. Ini dilakukan untuk mencegah letak gigi yang sudah berubah ke tempat baru akan balik lagi posisinya ke tempat semula. Sehingga dibutuhkan alat yang disebut retainer atau penahan.
“Bentuk retainer ada yang invisible atau clear yang terbuat dari bahan plastik dan yang berbahan metal atau bentuknya seperti kawat gigi lepasan. Ada juga lingual
bonded retainer, yaitu penahan yang dipasang dibelakang gigi.”

Lita menjelaskan, yang invisible biasanya dipakai pasien yang tidak ingin giginya terlihat memakai kawat agar lebih pe-de. Namun, dari segi kekuatan retainer berbahan metal lebih kuat dari yang invisible. “Yang invisible atau yang berbahan plastik akan mengganggu pengunyahan saat makan, sehingga akan dilepas. Kalau terus dilepas dan dipasang, plastiknya akan mudah patah.”

Penggunaan retainer disarankan selalu dipakai 24 jam selama 6 bulan pertama, setelah itu boleh dikenakan saat tidur saja. “Retainer idealnya dipakai selama 1 tahun. Tapi banyak pasien, terutama anak-anak, yang merasa giginya sudah rapat dan bagus jadi malas memasang retainer. Padahal, gigi yang sudah rapi kemungkinan akan kembali ke letak awal atau bahkan jadi lebih parah dari sebelumnya. Dokter harus selalu mengingatkan pasien akan penggunaan retainer ini.”

PRODUK IMPOR
Menurut Lita, tren menggunakan kawat gigi sebenarnya berdampak sangat baik. “Di bidang kedokteran gigi dikenal motto give back smile, maksudnya agar kesadaran orang pada kebersihan dan perawatan gigi semakin tinggi. Tak akan ada lagi orang tertawa ditutupi tangan gara-gara giginya tidak rata atau bentuk rahangnya enggak bagus.”

Tak heran, orang tak segan mengeluarkan biaya mahal demi tercapainya gigi yang sehat dan cantik. Menurut Lita, mahalnya biaya pemasangan kawat gigi disebabkan karena semua bahan yang dipakai masih diproduksi di luar negeri. “Yang mahal, adalah sistem dan bahan. Untuk bahan kawat yang clear, umumnya yang memakai selebritis atau orang yang berusia 20-30-an.”

“Di Indonesia, kawat transparan yang dipakai bahannya dari composite. Dari segi harga, yang transparan lebih mahal meski kekuatannya kalah dari metal. Dari segi estetika, yang transparan lebih bagus karena sewarna dengan gigi dan tidak terlihat saat tersenyum dan bisa membuat pe-de,” papar Lita.

Untuk harga kawat gigi, ungkap Lita, berkisar antara Rp 7-15 juta. “Untuk kawat dan bracket transparan harganya mulai dari Rp 9 juta ke atas. Untuk yang berbahan metal dengan bracket yang karetnya warna-warni, harganya lebih murah. Sementara harga retainer berkisar antara Rp 750 ribu – Rp 2 juta. Semua harga tergantung dari nilai estetika, sistem, dan bahannya,” papar Lita yang mengambil spesialisasi kosmetik gigi di Amerika Serikat ini.

Tips merawat gigi
1. Idealnya tiap 6 bulan sekali kontrol ke dokter gigi, meski tak ada masalah dengan gigi. Namun, pada dasarnya karang gigi harus selalu dibersihkan.

2. Sikat gigi sehari dua kali, pagi dan malam.

3. Penggunaan dental flosh atau benang gigi sangat dianjurkan, terutama untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

4. Untuk yang pakai kawat gigi, harus lebih rajin menggunakan obat kumur dan membersihkan gigi. Sebab sisa makanan akan lebih banyak menempel dan tersangkut pada kawat gigi.

5. Gosok gigi yang paling penting di malam hari. Sikatlah gigi dengan cara yang tepat dan waktu yang sedikit lebih lama. Setelah seharian makan, di malam hari gigi harus dalam keadaan bersih.

6. Sikat gigi dengan keras belum tentu akan membersihkan gigi, tapi justru akan membuat gusi atau mulut terluka.

7. Cara sikat gigi yang paling utama adalah dengan cara memutar dan perlahan. Dokter gigi sangat menganjurkan untuk menggunakan elektric toothbrush. Sebab cara putaran sikat gigi elektrik ini sudah disesuaikan. Dari segi waktu dan tenaga juga lebih efektif.

8. Kalau bulu sikat sudah mekar, segeralah ganti dengan sikat yang baru.

9. Pilihlah jenis bulu sikat gigi yang soft dan tidak keras, karena itu akan membuat iritasi pada gusi.

About these ads

115 Tanggapan to "KAWAT GIGI, ANTARA TREND DAN KEPERLUAN"

dok,saya mau bertaya nih?
1.saya puya gigi jarang /renggang,bagai mana ya cara merapetkan gigi saya dok?
tolong ya dok d bales ke email saya..

datengin aja dokter gigi.. beres deh..

dok..saya sudah memakai plat retainer sejak 6 bulan lalu..
tapi karena kuliah, jadi saya jarang kontrol lagi ke dokter.
plat yang sekarang terasa longgar..dan saya sadari gigi nya menjadi agak tidak beraturan..
cara sederhana yang bisa dilakukan apa??
sebiknya langkah awal saya bagaimana?
ada kemungkina pakai kawat gigi lagi??

terima kasih..saya harap Anda membalasnya lewat email saya..

dok, saya punya masalah dgn kawat gigi saya. saya pengen gigi saya rata,dgn metode pencabutan 4 gigi geraham depan,tapi setelah saya memakai kawat gigi, bukannya gigi depan saya yg rata malah gigi geraham saya maju ke depan, gak tau kenapa,lubang bekas gigi saya yg di cabut malah semakin kecil buat peluang bagi gigi depan saya rata. trus solusinya gimna nih dok???bantu saya kalo bisa saya musti ganti dokter donk dok….
btw, saya menggunakan kawat gigi yang pake karet.tolong kasih komentar di email saya ya dok….

Dok,saya punya masalah dengan gigi saya yaitu:
1) Gigi depan saya patah karena jatuh
2) dan gigi saya maju,dulu saya pernah memakai kawat tapi saya malas memakainya sehingga gigi yang dulunya sudah mau mundur menjadi maju lagi

saya ingin bertanya:
1) Apakah bisa orang seumuran saya dipasang kawat kagi dok?(umur saya 17
tahun)
2) berapakah harga kawat gigi dok? apa bisa memakai ASKES untuk biaya
Kawat,periksa,dll ?
3) jika gigi yang patah,apakah bisa di tambal?jika tidak apakah ada cara lain?

Sekian pertanyaan saya,saya mohon dokter mau membalasnya dengan segera ke email saya..terima kasih.

dok gigi saya agak maju gimana solusiny tapi saya tdk mau memakai behel bls?

Dok, untuk pemasangan kawat gigi lingual itu biayanya berapa dan orthodontist mana saja yg ada di jakarta yang dapat/berpengalaman memasangnya? Saya cuma mau dipasang kawat gigi lingual untuk rahang atas saja karena problem saya cuma ada di gigi depan rahang atas – overbite.

Mohon balasannya dok, terima kasih

Dokter gigi rahang bawah yang belakang itu kan tumbuh daging sehingga menutupi gigi saya? Itu enaknya di apakan dok?
Terus saya ber inisiatif untuk memakai kawat gigi?
Terus hrg kawat gigi itu berkisaran brp?KAta tmnku hrgnya 4 juta itu bener dok?
APa gak ada yang hrgnya 500Rb dok?
Tlg jawab pertanyaan saya dan di blz di email saya.
Yuni

hai dok.dok saya ini sudah 6 bln pakai kawat gi2 yg warna warni tp cuma gi2 bagian atas saja,tp kok gak ada perubahan sih?gi2 saya tetep kaya gi2 kelinci.trus saya pgn ganti kawatnya pakai fiber gt yg kaya selang kecil bntuknya,bsa gak ya?dan berapa biayanya?cuma buat gi2 atas aja loh dok soalnya cuma gi2 atas aja yg gak rapi.makasci..

hai dok,
umur saya 24, mo jalan 25.
saya ingin pasang kawat gigi tapi masih ragu apakah seumur saya masih memungkinkan.
masalahnya gigi saya ada yang tersembunyi di belakang,tapi terlihat jelas dari depan. hanya gigi taring menutupi sebagian.
tidak terlalu masalah dengan gingsul itu, tapi saya tetap merasa tidak nyaman dengan penampilan.
bagaimana dok?
kalau memungkinkan kawat gigi pada usia saya, kawat gigi jenis apa ya?
dan berapa lama kira2 pemakaiannya?
semoga bisa dibalas ke email saya. terima kasih banyak.

Permisi Dok..
1. Dok saya ingin tanya apakah gigi yang terluka karena digrinda bisa dihilangkan rasa sakitnya? Apakah ada cara untuk menghilangkan bekasnya agar tidak terlihat seperti digrinda? Saya menyesal Dok.. Gmn sarannya?
2. Oya apakah ada kawat gigi atau bahan perapih gigi yang transparan sehingga tidak terlihat jika memakainya? Kalau ada berapa biayanya?
Trimakasih atas jawabannya..

Dokter saia maw konsultasi tentang gigi saya yang tdk rapih
jadi gigi saya gigi kelinci dan rahangnya maju kedepan(tonggos)…..
klu berbicara terlihat hanya gigi 2 didepan yaitu gigi kelincinya saja….krn ukuranya yg besar jadi menutup gigi2 disampingnya dok
saya kurang percaya diri dgn gigi sprt ith dokter

ada tdk ya solusinya untuk merapihkan gigi saya yang tonggos spy msk ke dalam dan rapih
dan solusi mengecilkan gigi kelinci saya.?
Oh ya gigi kelinci saya ith pernah dikikir dari samping,kiri dan kanan trs space bolongnya ith ditambal…..ith berpengaruh ga ya dok nanti klu misalkan saya memasang behel?

tolong ya dokter balas ke email saya
trims

Dok brp harga kawat gigi yg murah di jakarta barat ? ? Tolong segera di balas ya dok ! Trims . .

Dok saya mau pake kawat gigi tapi umur saya baru 13 tahun dan saya bingung dmna Yg murah dan lumayan bagus ! Apa dokter buka klinik di jakarta barat ? Klo iya , brp harganya dok ? Mohon segera di balas ke email saya ! Trima kasih . Assalamualaikum

Dok saya mau pasang kawat gigi,soalny gigi saya krg rapi dan ada bekas gigi yang dicabut dan spacenya ckup besar.kalo nanti saya pake kawat gigi,bisa tidak space gigi yg dicabut tadi tertutup? makasi dok.. tlg balas ke email saya

hii dok saya mau tanya nih? umur saya 21 tahun dan saya rencana tahun ini ingin merapihkan gigi, tapi saya kurang tau berapa biaya yang saya harus keluarkan untuk itu. kalau cari informasi di internet harganya macam 2.. dok nah menurut dokter harga yang pang murah tapi alat ( kawat gigi yang dok saran kan buat saya jenis apa dan berapa harganya ? iya di tunggu balasannya lewat emai saya & makasih!!!!!

saya mau nanya nih dok, umur saya 20 tahun dan saya ada rencana mau masang kawat gigi, masih bisa ga dok?
truss…, biaya standarnya berapaan dok?
balasannya saya tunggu ya dok, dan makasih sebelumnya.

dok kira-kira biaya buat pasang kawat gigi berapa? terus berapa lama terlihat hasilnya? balasannya di tunggu ya dok…

dok,umur saya 21 th.saya berniat untuk pasang kawat gigi,tapi gigi saya bermasalah.1. ada beberapa gigi saya udah berlubang parah dan ga mungkin ditambal
2. gigi saya bagian bawah lebih muncul ke depan dibandingkan gigi pada bagian atas
menurut dokter saya harus bagaimana? terus kalau pake kawat gigi bisa ga? dan kira2 biaya yang harus disiapkan berapa ya dok? makasih

Dear Dr.

langsung saja ya dok,saya ingin sekali memakai kawat gigi,karena gigi seri menumpuk dgn gigi taring,apakah bisa memakaikan kawat gigi pd gigi yg sudah pernah di tambal dgn laser di bagian gigi depan atas.kira2 berapa biaya untuk memakai kawat gigi,karena saya belum pernah sama sekali memakai kawat gigi.
Atas perhatian Dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

dear dok,,

pada waktu saya kelas 3 sd, saya terjatuh dari sepeda dan menyebabkan gigi saya patah disalah satu gigi seri, yang saya mau tanyakan
1. apakah ada cara membuatnya terlihat seperti semula?
2. berapa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaikinya?
3. apa kekurangan dari cara tersebut?

tolong bantu saya ya dok,,
terima kasih sebelumnya,,

dear dok,,

ketika sd saya pernah terjatuh dari sepeda yang menyebabkan salah satu gigi seri saya patah,,
1. bagaimana cara memperbaikinya?
2. berapa biaya yang harus dikeluarkan?
3. apa kekurangan dari cara tersebut?

tolong bantu saya ya dok,,
terima kasih sebelumnya,,

permisi,dok. .
saya masih berumur 17 th br sja. .truz apa bs saya pakai kwat gigi lepasan. . .kira2 brp lama n biayax brp. .
apakah bisa bila gigi rahang bawah saya yg buat ruang mundur gigi no 6 truz yg atas no 4,ya sudah dok. .mhn blsannya. .trmksh sblmnya. .

dok, ak mau tnya nich,, umurku 15 th dn ak pnya gigi yg jrang” alias girang,, ap ak hrus pkai kwat gigi ?? klo iya, d mana sich klinik yg biaya pmasangan’y murah tp lumayan bagus. kira” jnis kwat gigi ap yg pas untuk permsalahan gigi ak ini dok ?? mahal ga??

dok,,umurku 21. gigiku sebenarnya rapi (geligi beraturan), tapi tonggos. saya baru saja lepas behel atas dan masih pakai behel bawah. oleh dokternya, dicabut gigi 2 (geraham depan atas&geraham depan bawah)keduanya bagian kanan.
tapi hasilnya:
1. gigi2 seri jadi miring ke kanan, tidak selaras dengan garis bibir
2. agak tonggos di sisi kiri
3. tulang pipi kanan dan bibir bagian kanan agak turun
4. rahang kanan bawah lebih tirus daripada kiri
5. bentuk muka saya jadi tidak proporsional
6. geligi jadi tidak beraturan, ketika mengatup tidak nyaman.
gimana solusinya ya dok? mohon balas ke emailku ya, trims dok.

erm…nampaknya dokter gigi di indon masih bantak melakukan kesalahan ya..

saya pelik..kenapa yang dicabut adalah molar…padahal seharusnya secara teorinya kn, yang dicabut seharusnya gigi premolar…apa di indonesia gak ada badan pemantau kerja2 dokter gigi ka?atau dokter gigi seenaknya bekerja?

dok,gigi bawah saya ada yg tdk rata,tapi boleh tdk jika gigi saya ini memakai behel?.tapi hanya satu gigi saja yang tdk rata.kira-kira mahal tidak ya’dok,jk hanya behelnya dipasang digigi bwh saja?

dokk…umur saya 23. saya mo pasang kawat tuk ngratain gigi saia yg menumpuk…cuma kokmahal bgt yah apa isa nego…tolong bales ke email saia ya dok..thanks

DOK mau tanya
saya sdah pasang kawat
tapi udah satu taun malah ga karuan gigi belakangnya
saya harus bagaimana?
tlg d bales ya k email saya

Dok,sya mau tanya .
dulu saya pernah mau cabut gigi geraham d rumah sakit umum, gigi na emg uda abis,tinggal sedit gigi geraham na .
trus disuntik bius sama dokter na .
tp ternyata gigi geraham saya ga kecabut .
sekarang,bekas suntik bius na bengkak,di langit2 mulut,kadang2 keluar nanah .
itu berbahaya nggak dok??

dibales ia dok .
makasihh .

dok saya dulu pernah memakai kawat gigi tetapi yang tidak permanen, lalu sebelum pemakaian selesai saya sudah melepasnya, sekarang saya berencana untuk memakainya kembali, saya butuh saran dari dokter sebaiknya kawat jenis apa yang harus saya gunakan
NB : problem gigi saya pada bagian atas tumbuh ke belakang kasusunya hampir sama dengan anak memes ( itu loh yang penyanyi ) ci kevin
Tolong balas ya Dok, sebelumnya terima kasih.

dok . . .sya mo nanya … kmren”sya kan jatoh dri motor ..
gigi seri atas sya yg dpan dicabut 3 buah . trus d ganti ama gigi palsu lepasan . . (yg ada syap nya itu lho..!!!)
nah … kra2bsa nggak yah gigi seri sya yg palsu di pakein kawat gigi …??
tq yah dok

tolong di bales ke email sya

gini dok aku mau kawat gigi tapi salah satu gigi geraham ku itu udah ga ada, gimana ya? gigi saya tuh gini dok, di tengah tengah gigi seri aku tumbuh gigi lagi,trus postur gigiku agak maju….kira2 aku musti pake kawat gigi yang kaya apa ya?trus lamanya pake kwt gigi berapa lama?

dok sy mau tanya biaya pasang behel dg karet warna+biaya kontrol..
thx..

pagi dok…
gigi kelinci saya yang ada di depan, dua-dua nya aga maju ke depan. Saya berencana memakai kawat gigi, tapi saya bingung pake jenis apa. Mohon bantuannya untuk memberikan pencerahan y dok,.. gigi yang terganggu cuma gigi bagian atas aja,. apa ada ya dok, makai kawat gigi cuma bagian atas aja, smentara yang di bawah ga perlu di pakai.
thanx.
balas k mail saya aja y dok.

dok,pengen bgt pasang kawat gigi..
tapi mahal banget euy..
paling murah berapa c biayanya..

dok harga kawat gigi sekarang berapa yah yang cocok utk umr 19 tahun krn gi2 gw g beraturan bgt. malu klo smile di depan wanita2 padahl muka sy ganteng.heee.skedr tanya kan bapak sy kerja d pertamina tu apa bisa ditanggungin biayanya ke pertamina
blz di email

dok sy rencana mau rapiin gigi, mau tanya biaya pasang behel d+biaya kontrolnya. Bales di email yah dok, tq.

Tolong tanya Dok,saya pakai kawat gigi mulai 3 thn lalu, tapi gigi saya dulu kok gak pake dicabut, ya? Gigi saya gede2 trus dikikir kanan kirinya. Setelah ada renggang, sekarang udah rapat. dua gigi terdepan agak menceng ke kiri atau gak lurus tepat di bawah garis tengah bibir. Apa harusnya lurus ya, Dok ?
Oya, apa benar pakai kawat gigi retainer harus seumur hidup agar gak kembali ke posisi awal ? Tlg bls di email ya Dok..Thanks

dok, mau nanya.

fungsi karet gigi pada pemasangan kawat gigi sebebnarnya apa ya dok?

umur gw 31, perasaan 1 gg seri gw tmbh maju, udah konsul drg, disarankan pk behel, umur segitu, bnyk untung/ruginya klo psg behel?termsk biayanya…he3. Klo ga psg ada kemgkinan gigi tmbh maju ga?? wuuu takuuut, dikira nyaingin thukul!

allow…nanya lg, ngaruh ga dok, klo hamil, gigi lg pk behel?

dok,mo tanya,,
klo behel yg 5oorb an n bs dilepas ad gag????/

Dok,…saya berniat pasang behel,…yg paling murah hargax brp???

Truz,..klo pke ASKES bs G???

aq mw pake kawat gigi…..

mw tanya kawat gigi yg murah di mana?

Dok, aku mau tau harga pasang kawat gigi yg karet warna warni donk… klo pasang atas bawah, brp?? soalnya aku mau pake atas bawah… balas ke email ku yaa…
thx

Dok, gigi bagian atas sy di sebelah kanan dulu pernah dicabut & ternyata itu bikin gigi atas bergeser ke kanan. jadinya gak bisa rapat dan gak rata dgn yg bawah, trus jg agak maju. Apa harus pasang kawat gigi yah? Dan boleh gak pasang hanya di bag atas saja. Tolong dibls yah dok ke email saya. Tx.

Dok saya mau nanya sebenarnya kawat gigi itu, apa bisa di pakek sampai ber tahun-tahun?dan apa kah kawat gigi itu harus di ganti setiap 6 bulan sekali?
dan perawatan kawat gigi itu apa aja yang harus di ganti selain karetnya?
Dokter gigi saya yang bawah lebih maju kedepan, apakah harus memakai kawat yang atas juga?
dan berapa harga memasang kawat gigi atas dan bawah?

terimakasih sebelomnya,saya harap Dokter dapat membalas ke email saya

Dok…tolong di balas ke email saya ya, saya mau pasang kawat gigi,apa tidak ada harga kawat gigi yg dibawah 2 juta??soalnya gigi saya maju ke depan….terus boleh dilepas2 gak??saya malu kalo pake kawat gigi…Dan kalu pakai askes ada biaya bantuan gak ya??
tolong di balas ya dok….terimakasih.

Dear dokter,
aku pengen bgt pasang behel tapi mahal bgt.
kira” yg plg murah brp yah dok?
ak cm mw ngerapiin gigi atas aj.
Ada gak yg dibawah 1jt.?

thanks dok.

Dokter, saya mw tanya (tolong dibalas ke email saya ya).
Gigi saya renggang/jarang di bagian depan .
Beberapa hari yang lalu, saya bermaksud untuk menambal gigi saya yang jarang ini di sebuah dokter gigi. Menurut dokter gigi tersebut, solusi untuk gigi jarang ini bisa dengan ditambal , yakni ditambahkan lapisan baru sehingga ukuran gigi melebar sedikit namun dapat membuat gigi jarang menjadi rapat.

Saya ingin sekali ditambal untuk menutup renggangnya gigi ini, namun ada pertimbangan yang membuat saya menjadi takut dan khawatir, yaitu jika di kemudian hari penambalan pada gigi mengakibatkan:
1.gigi asli berlubang karena terdapat sisa makanan pada celah tambalan dan gigi asli
2.atau gigi asli menjadi hitam warnanya karena pengaruh adanya sisa makanan yang masuk ke celah tersebut.

Pertanyaan saya :

1.apakah 2 kemungkinan tadi bisa saja terjadi bila saya melakukan penambalan?
2.bila suatu hari tambalannya copot, apakah memengaruhi gigi asli (yakni menjadi hitam atau berlubang tadi)?
3.menurut Dokter, solusi apakah yang terbaik bagi gigi saya dengan biaya yang semurah-murahnya ?

Atas jawaban dari Dokter, saya mengucapkan banyak terima kasih

dokter saya ma minta sarannya….
saya punya masalah dengan gigi saya, masalahnya yaitu gigi saya ukurannya besar-besar, sedikit maju…
bagaimana cara untuk merapikan masalah tsb????
selain pakai behel apa ada cara lain?????

Dok, saya mau tanya..
Keadaan gigi seri atas saya agak aneh. 2 gigi seri yg tengah mudur ke blakang gigi bawah saya, sedangkan gigi seri yg pinggir ada di depan gigi yg bawah.
Pas saya diperiksa buat pasang kawat gigi kata dokternya ga perlu cabut gigi. Apa bisa ya tanpa cabut gigi?
Lalu apa bisa melakukan pencabutan gigi setelah pemasangan kawat gigi?

Dok..Aku MAu ATnya..Aku Punya Gii YAng kecil,dan rata.Trus aku mau pasang kawat gigi sebagai trend aja,.Bisa ga sih?
AKu ga mau lagi ngerubah bentuk gigi aku…aku cuma ngikutin trend aja.Bahaya Ga Sih…
N HargaNya Sekitar Berapa Rp…. Tolong Di bls Ke emailku yah
thanks dok

Dok, saya seorang pLjar. Umur saya hampir 17 thun.
Saya mempunyai gigi jarang n tdk rata. SLama ini Saya maLu bnget kLo m0 bcra ma tmen2.
Saya mau tnya gimna cra
meratakannya?
Please blez di email ku ea. . . .
Thanx, , , ,

dok….saya mw tannya kalw harga kawat gigi yang murah berapa????dan biasa nya perawatan nya berapa??????
kalaw yg 500rb an kawat nya pakai bantalan gx?????
blas ke fb saya aj………di tiansyahprayoggagus@rocketmail.com

dok….saya mw tannya kalw harga kawat gigi yang murah berapa????dan biasa nya perawatan nya berapa??????
kalaw yg 500rb an kawat nya pakai bantalan gx?????
blas ke fb saya aj………di tiansyahprayogigagus@rocketmail.com

saya mo tanya dok, gigi saya yg atas kan ga rata, n gigi taring sy kliatan bngt, n mo psang kwt gi2 kira2 ada yg 2jtan ga….thank

dok,saya mau tanya…
umur saya 24th.dan saya ingin pasang kawat gigi.gigi atas saya tidak beraturan berbentuk seperti gigi kelinci,dan tidak sama rata disertai gingsul apa memungkinkan untuk bs rapi dok?
dan terus terang hal ini membuat saya agak minder dok….
kira2 kawat gigi seperti apa yg bagus,tapi terjangkau harganya(kira2 dana saya 3-4jtan dok….)
tolong balasannya ya dok… langsung k fb saya rifqy.ganteng@gmail.com
maksi ya dok,ditunggu balasanya…

dok q mau ngeratain gigi q yang bagian atas aja,,,
Kira* ada gak ya harga 500rb 1 pasang,,,
N ada efek sampingnya gak kalau kita pasang kawat gigi,,,?

dear dok…

umur saya 32 th, dan telah dikaruniai 1 org putri, dulu saya pernah memakai kawat gigi sekitar umur 14 th , karena males cek ke dokter akhirnya saya hentikan memakai kawat
klo umur sesaya ini apakah msh bisa memakai kawat lg?
kawat yg bagaimana yang cocok dan mohon estimasi biayanya

mohon dibalas ke email saya…
thanks

Dok, gigi depan saya patah trus aku dah sambung, yang jadi masalah aku pengen pasang kawat gigi, apa bisa ya dok untuk gigi depan patah (tinggal 1/4 bagian gigi asli) dipasangin behel dan kira2 biayanya berapa ya dok

permisi dok ,
kakak saya kan pake kawat gigi tuh ,
tp skrg dya udah gamakek Lg
trus kaLo beheL.a dipakein ke saya Lg bisa ga dok ??

harap baLas ke email saya ya dok ..
terimakasiihh . :)

dok sya sdah mmkai kwat gigi kira” 1 bln stlah itu gk sya pkai lg sktr 3 bln..
apkah msh fungsi bla d pakai kmbli?…
blas ya

Dok, mau nanya nih. Dulu saya prnh pke behel lepasan, tp dah males pke behel lepasan soalnya repot. Wkt mo pke behelnya, 2 graham depan atas n 2 graham depan bwh dicabut. Hasilnya taring saya dah ga ginsul lg, tp gigi seri atas sy msh tonggos. Truz rencananya pengen pke behel permanen. Kira2 perlu cabut gigi lagi ga? Truz graham paling belakang pengaruh ga klo pasang behel? Soalx graham bawah yg plg belakang tumbuhx ga normal. Kata dokter hrs dicabut pke operasi kecil gtu biar makanan ga nyangkut lg d situ. Dulu dah prnh cabut graham blkg dgn masalah yg sama, tp sakitnya minta ampun dok! Klo ga dcabut, ngaruh ga? Tlg blz via email yah dok..

dok
diriku mau pasang kawat gigi.
biasa nya berapa duit ??
bales dok

dok mau bertanya,

apakah stlh pemasangan behel, ada kemungkinan utk ganti kawat.. sifatnya apkh pasti ada masanya ganti kawat ato tdk?tolong dibalas ke email saya ya dok..

thx infonya

Oya dok, klo sifatnya pst akan ada masanya ganti kawat..kira2 skitar brp ya dok biaya penggantian kawatnya saja..
thx alot

Dok,, saya mu tnya lw psng gigi bwt gaya aja bisa gga ?? Tp gigi ats aja iank mu d,pasang. Qra* harga’a ada yg d,bwh 1jg gga ??

Dok tolong d,blz lwt fb saya
sherly_yd@yahoo.co.id

Dok, saya sudah memakai kawat gigi sekitar 2 tahunan kurang, dan sekarang saya menggunakan retainer yg clear. Kata dokter saya gigi saya termasuk pada moluklusi tngkat 2. Dan setelah saya menggunakan retainer beberapa bulan, skitar 2 bulanan. Saya merasa gigi saya kembali ke posisi semula. Padahal saya ckup rajin menggunakannya selama 24 jam 1 tahun (saran dkter gigi sya). Tidak berubah drastis, namun gusi bagian depan atas semakin melengkung dan saya menjadi tidak pede ketika tersenyum/ tertawa.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apakah bisa gigi kembali sperti semula pdhal sya rajin menggunakan retainer
2. Sebaiknya ap yg harus saya lakukan, memakai behel ulang, cetak retainer baru atau gmna?
3. Apakah perbedaan retainer clear dan hawley dok, dan manakah yg terbaik, terutama u gigi saya yg maju banget sebelumnya.
4.Terkadang ketika tidur, ketika gigi saya mengatup. sya merasa gigi bwah saya menyentuh gigi atas dan serasa mendorong. Tolong saran, ap yg harus saya lakukan u mencegah/solusinya/
Terimah kasih dok, Maaf kalau banyak pertanyaannya.
Wass.

ass dok,,
dok umur z 16 thn rencana.ny mau pasang kawat gigi yg karet warna-warni
btw problem saya gigi dpn agak maju,,
kira2 brp harga.nya dok, dan brpa lama gigi saya bisa mundu
serta perawatan2 apa yg hrus d jalani n brp biaya.nya
sekian dok,, mohon d balas secepat.nya d email saya yah,,
thx

umur 22 tahun masih bisa pake kawat gigi buat ngerapiin gigi jarang?

thanks dok dibalas y

Dok gigi atas paling depan gak rata bahkan teralu ke depan giginya. Aku bener2 malu saat bicara didepan org banyak apa lagi saat ketawa, rasanya aku ingin buang muka didepan teman2ku.. Aku benar2 malu bahkan adik pacar aku aja gak setuju dgn hubungan kami, hanya krn gigi aku yg gk rata ini, bagaimana y dok cara nya untuk merapikan gigi ini selain menggunakan kawat gigi, krn ortu ku tidak mampu membiayai kawat gigi sebanyak itu, tolong bales ya dok dan balesnya lwt email ku aja ya dok.. Terimakasih

dok, terima kasih atas info ini. saya baru fikir buat kawat gigi.

dok jika gigi yang patah,apakah bisa di tambal?jika tidak apakah ada cara lain? . .. .tolong di jwb ya dok . . . thx

dok,, saya berinisiatif untuk pasang kawat gigi, soalnya gigi saya tidak rata trus da yang ginsul k dalam gtu,, nah saya pernah di tawarin untuk beli kawat giginya ajah di tempat lain, lalu dipasang k dokter gigi,, nah pa hal tersebut boleh?? kn kita sebelumnya tidak konsultasi dulu. Dan pertanyaan umum, ada ga harga pemasangan yang lebih murah? dan menjamin ga?

makasih, balas yah dok,,,

Dok, mau tanya
Saya kan sudah pake kawat gigi selama 4 bulan. Saya pake karena pengen merapihkan gigi bagian atas dimana 2 gigi depan itu posisinya ada yg maju dan mundur. Jadinya bagian pinggirnya itu seperti numpuk.gk hanya 2 itu tapi yg lain juga. Trus gigi taring saya sebelah kiri terlalu maju.dan saat senyum bibirnya terlalu miring ke kanan. Jadi gk proporsional.nah waktu pasang kawat kata dokternya gk usah di cabut.karena rahang saya sudah lebar. Nah pas sudah pake gigi taring saya sudah mulai mundur tapi gigi depan jadi makin maju.apa itu bisa mundur dan rata? Ato memang harusnya ada gigi yg dicabut? Tolong berikan solusinya ya dok. Trimakasih

Dok retainer tu yg kawat doang ya ? (Tanpa breket)
Klo gigi saya renggang2 pake retainer bsa rapet ga , pa hrus pke kawat(behel) ?
Jwb ya dok tengs

klo anda mau pasang kawat gigi dengan harga yg murah: 4jt , dan memutihkan gigi 1jt hubungi dokter gigi risda 02195946637

ada yang di bandung ga ! bagus ga

hari ini pertama ku pakai behel…
baru setengh am pasang, trus aku bawa makan….
eeee…eee cincin (band) penahannya lepas… :D

awalnya rasanya emank aneh… mau makan aja susah, trus giginya jadi ngilu… sikat gigi juga harus xtra hati.hati banget…. tapi demi gigi yang bagus, gpp dech… :)
bagi yag belum mencoba, silahkan dicoba… :)

Dok sya pingin nanya solusi untuk engecilkan gi2 kelinci (2 gi2 besar pada bagian depan) gmn ya?? law pk’ kawat gi2′ bs g?? sy harap doktr bs segera membalasx lwt email saya,,,, MKS

dok gigi saya maju kedepan dan agak besar.. mendingan dicabut pake gigi palsu apa pakai kawat gigi .. agar lebih rapih

Dok, gi2 seri ats sy renggang. Pdhl dr dlu gak ad mslh dg bntuk gi2. Kalo misalny pngn d tambal bs gak dok, & apa efekny ? Trus kalo askes bs menangani hal ini gak dok ?
Mhon d bls ke email sy. Mkasih

Dok saya mau tanya ?
Hrga kwat gigi yg standard brpa’n sih !!
Dan, ada gx kwat gigi yg 600 rbuan ,.. Law da, kra2 dmna lokasinya yg ada di medan !!

dok, sya mau nanya.
gigi saya bag bawah ada karang ny.
udh dibersihin, tp blm ilang juga.
kira2 gimana y cara bersihinnya?

oy, sy jg mau psang kawat gigi,
soalnya gigi depan sy maju dan ad yg tingkik,
itu kira2 berapa harganya dan dokter gigi di daerah jambi yg bagus dimana ya?
trims

saya mau pasang kawat gigi, karna bentuk rahang saya gag bagus. kalo masalah gigi rapi bgt dok….
bz gag pke behel buat mmpercantik bntuk rahang ?

Sy punya gigi depan renggang pdhal dulu tdk sprti ini. Gigi depan sy yg satu agak kdpan .
Tlong solusinya dok blas diemail ku sj. Mkasih.

dok apa boleh saya makai kawat gigi hanya untuk gaya”n doang ? umur saya baru 15 tahun

mau nanya nih, rahang bawahku lebih maju daripada rahang atasku. terus gigi taring atas (dua-duanya) gingsul (numbuhnya di atas gitu deh). apa perlu pakai behel? kalau misalnya nggak pakai behel, bahaya atau enggak? kalau bahaya, bahayanya apa? makasih

dok,saya mau bertaya nih?
1.saya puya gigi jarang /renggang,bagai mana ya cara merapetkan gigi saya dok?
tolong ya dok d bales ke email saya.

maaf dok…sya mau tanya ,sya mau pasang kawat gigi..rahang atas sya aga kedepan sya ingin rahang atas sama bawah sama bisa ga ya dok? kata orang pake behel pusing and sakit betul tidak ya? minta rekomen nya dong dok pasang di mana yg bagus,aman,murah makasih

dok saya mau pasang gigi kawat tpi emang bener gigi kita yang graham harus di copot dan brapa harganya dok ,,,
tlng di blez ke imael sya terima kasih,,,

hub 085310641972 yg rncn potong gigi agr rata rapi by mas kiki

Dok, saya mau pasang kawat gigi ni, tp cma gigi bagian atas saja, kira kira biaya nya berapa ya dok !
Makasih …

dok saya ahli gigi madya terima pasang gigi palsu hub 03171751067 trims ya dok

dok, gigi depan saya copot 1, saya sudah 19 tahun dan ga bakal numbuh lagi, sebaiknya saya pasang gigi palsu atau behel?
Kata dokter saya behel bisa merapatkan gigi, jd yang copot itu bisa tertutupi.
Setelah itu rapat, ada kemungkinan renggang lagi ga, sehingga yang copot itu terlihat lagi.
Saya harap dokter membalasnya segera ke email saya karena betul betul mendesak.
Terima kasih.

dok….saya kan sekarang lagi pasang behel gigi bawah..tp yg gigi atas blm saya pasang karena saya pakai gigi palsu….saya pakai gigi palsu yang bisa di lepas,apa bisa saya pasang behel untuk gigi atas?
thanks

DOK ADA DOKTER LAIN MAU PASANG GIGI TAPI TIDAK DI FOTO MUKA DULU APA DAMPAK NYA DOK ,,,??? DAN BAGAI MANA MEMILIH DOKTER YANG PINTAR ATAU NGAK TENTANG ORTO??? DEMI PEMBENTUKAN MUKA,,???? PLEASE DOK TLG DI BLS… THANKS

DOKTER …
Gigi ataz saya tidak normal, lebih maju dari gigi bawah !!
Saya umur 16thun …
Apa masih bisa menggunakan kawat gigi?
Kalau memang masih bisa, kira2 harga pemasangan kawat gigi tersebut berapa?
Tolong kirimkan email ke saya : achealzy.kaendo@yahoo.com

Mohon bantuan nya, sekian dan terimakasih !!

Bahan yang dipake buat kawat gigi itu apa ya?? kok mahal banget 7-15jt????

Dok saya punya gigi yg agak maju, klo misal pake kawat gigi itu bisa normal lg gak yah? mohon jawabannya yah ke email saya yonho_boy@yahoo.com !! trimaksih sblumnya..

dok… mau tanyak apakah bisa pasang behel sedangkan gigi saya sudah ada yang di cabut.. ? thanks dok mohon di balas yach

selvi…..
dok gigi saya yang atas jarang,,,,,,kira-kira apa yah solusinya???dan kalo pasang behel brapa hargany????

Dok saya mau tanya nih apakah sakit jika anak kecil di pakaikan kawat gigi karena banyak anak kecil yg saya lihat banyak memakai kawat gigi atas bawah apkah itu tdk berbahaya jika gigi anak msh sering goyang ? terima kasih dok itu saja yg mau saya tanya kan tlg d bls

Aku pengen punya gigi yang rata dgn kawat gigi tapi ga punya beaya semahal itu ;-( atau ikut trend ala remaja jepang aja yang pengen punya gigi ginsul

pagi dong, sebetul nya gigi gingsul tuh bisa pake behel atau engga sih dok,
bales ya dok
thank’s

Dok umur saya 18 tahun.. Gigi depan atas saya setelah berganti permanen tumbuhnya jarang, saya mulanya mau pake kawat gigi tapi 2 gigi taring atas ga mau tumbuh gigi baru/masih gigi susu.. Terus gimana dok solusinya??

gigi tidak sakit tp kocak,gimana ya cra untuk mengatasinya

dok, saya mau tanya apakah bisa langsung pakai retainer tanpa pakai kawat gigi terlebih dahulu sebelumnya?

Siang,Dok saya mau tanya, saya sudah pernah memasang behel selama 3,5 th setelah itu saya pakai retainer walaupun jarang. Setelah 1,5 th lepas behel, gigi saya menjadi renggang dan gigi kelinci saya maju lagi bahkan lebih parah dari sebelumnya.
Akhirnya saya konsul ke dokter (drg. —- Sp,Orthodonti) yang pernah memasang behel saya, tapi saya disuruh untuk memasang behel kembali dan mencabut 4 gigi bungsu saya yg baru tumbuh. Sedangkan dulu sebelum pasang behel gigi saya sudah di cabut 4 buah tetapi sampai sekarang saya belum pernah di rontgen gigi.
- Apakah ada solusi lain dok selain pasang behel lagi?atau saya harus ganti dokter? Dan apakah ada prosedur yang salah atau janggal dari pemasangan behel saya? Terima ksih dok, saya tunggu balasannya ke email saya.

harga pasang behel permanen atas bawah berapa dok, yg paling murah hlo dok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 396,918 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: