Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

APA JUDUL YANG BAGUS YAH?….

Posted on: September 27, 2007

Menikah? Di usia dini? Apalagi lagi kuliah…………………. kayaknya perlu mikir-mikir dulu deh. Entah……. terkadang hari-hariku terus meneris direcoki pada pertanyaan ini. Angin apa yang membuatku begini, aku juga gak tau.

Hari-hari yang terus menerus mengancam,

Membuatku menerka adakah obat yang membuat aku kecanduan

Sehingga saban malam mesti

Menemui buku salim al fillah

Baru puas tertidur?

Apa yang membuatku merasa bangga

Bila bersua dengan wanita pengikut sunnah Nabi

Yang betul-betul…

Akhhhhhhhhh……. capek namun aku tak akan berhenti memikirkannya….

Kembali…malam ini aku mengobati rasaku dengan mengutakatik internet, kubuka kembali situs favoritku, dan kutemukan hal sebagai berikut:

Saudariku muslimah, sekarang banyak kita jumpai fenomena yang sangat memprihatinkan dan menyedihkan hati. Banyak dari saudari-saudari kita yang terpesona dengan kehidupan dunia, sehingga timbul predikat ’cewek matre’, yaitu bagi mereka yang menyukai laki-laki karena uangnya. Ada juga diantara saudari kita yang memilih laki-laki hanya karena fisiknya saja. Ada juga diantara mereka yang menyukai laki-laki hanya karena kepintarannya saja, padahal belum tentu kepintarannya itu akan menyelamatkannya, mungkin justru wanita itu yang akan dibodohi.

Sebenarnya tidak mengapa kita menetapkan kriteria – kriteria tersebut untuk calon pasangan kita, namun janganlah hal tersebut dijadikan tujuan utama, karena kriteria-kriteria itu hanya terbatas pada hal yang bersifat duniawi, sesuatu yang tidak kekal dan suatu saat akan menghilang. Lalu bagaimana solusinya ? Saudariku, sebagai seorang muslim, standar yang harus kita jadikan patokan adalah sesuatu yang sesuai dengan ketentuan syariat. Karena hanya dengan itu kebahagian hakiki akan tercapai, bukan hanya kebahagian dunia saja yang akan kita dapatkan, tapi kebahagiaan akhirat yang kekal pun akan kita nikmati jika kita mempunyai pasangan yang bisa diajak bekerjasama dalam ketaatan kepada Allah.

Diantara kriteria–kriteria yang hendaknya kita utamakan antara lain:

1. Memilih calon suami yang mempunyai agama dan akhlak yang baik, dengan hal tersebut ia diharapkan dapat melaksanakan kewajiban secara sempurna dalam membimbing keluarga, menunaikan hak istri, mendidik anak, serta memiliki tanggung jawab dalam menjaga kehormatan keluarga.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, ”Jika datang melamar kepadamu orang yang engkau ridho agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dengannya, jika kamu tidak menerimanya, niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang luas.” (HR. Tirmidzi, hasan)

Seorang laki-laki bertanya kepada Hasan bin ’Ali, “Saya punya seorang putri, siapakah kiranya yang patut jadi suaminya ?” Hasan bin ’Ali menjawab, “Seorang laki-laki yang bertaqwa kepada Allah, sebab jika ia senang ia akan menghormatinya, dan jika ia sedang marah, ia tidak suka zalim kepadanya.”

2. Memilih calon suami yang bukan dari golongan orang fasiq, yaitu orang yang rusak agama dan akhlaknya, suka berbuat dosa, dan lain-lain.

“Siapa saja menikahkan wanita yang di bawah kekuasaanya dengan laki-laki fasiq, berarti memutuskan tali keluarga.” (HR. Ibnu Hibban, dalam Adh-Dhu’afa’ & Ibnu Adi)

Ibnu Taimiyah berkata, “Laki-laki itu selalu berbuat dosa, tidak patut dijadikan suami. Sebagaimana dikatakan oleh salah seorang salaf.” (Majmu’ Fatawa 8/242)

3. Laki-laki yang bergaul dengan orang-orang sholeh.

4. Laki-laki yang rajin bekerja dan berusaha, optimis, serta tidak suka mengobral janji dan berandai-andai.

5. Laki-laki yang menghormati orang tua kita.

6. Laki-laki yang sehat jasmani dan rohani.

7. Mau berusaha untuk menjadi suami yang ideal, diantaranya: Melapangkan nafkah istri dengan tidak bakhil dan tidak berlebih-lebihan; memperlakukan istri dengan baik, mesra, dan lemah lembut; bersendau gurau dengan istri tanpa berlebih-lebihan; memaafkan kekurangan istri dan berterima kasih atas kelebihannya; meringankan pekerjaan istri dalam tugas-tugas rumah tangga; tidak menyiarkan rahasia suami istri; memberi peringatan dan bimbingan yang baik jika istri lalai dari kewajibannya; memerintahkan istri memakai busana muslimah ketika keluar; menemani istri bepergian; tidak membawa istri ke tempat-tempat maksiat; menjaga istri dari segala hal yang dapat menimbulkan fitnah kepadanya; memuliakan dan menghubungkan silaturahim kepada orang tua dan keluarga istri; memanggil istri dengan panggilan kesukaannya; dan yang terpenting bekerjasama dengan istri dalam taat kepada Allah Ta’ala.” (http://muslimah.or.id)

Kenapa aku jadi ketakutan yah???

Memang….. hari-hariku banyak tidak bisa masuk dalam kategori itu.. tapi bila kita berbicara “keadilan”, timbul pertanyaan: apakah adil, bila orang yang patuh pada ajaran khaliq dan sunah rasul harus menikah dengan orang yang sejenis? Apakah bukan dakwah (bila kita melihat dari sudut akwatnya), bila seorang muslimah menikah dengan lelaki yang “sedikit” nilai keimanannya, bila tujuannya jelas untuk “merubah” lelaki tersebut

Bukankah : “Sesungguhnya wanita muslimah memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam dan pengaruh yang besar dalam kehidupan setiap muslim. Dia akan menjadi madrasah pertama dalam membangun masyarakat yang shalih, tatkala dia berjalan di atas petunjuk Al-Qur’an dan sunnah Nabi. Karena berpegang dengan keduanya akan menjauhkan setiap muslim dan muslimah dari kesesatan dalam segala hal.” (http://muslimah.or.id)

Bukankah Rasulullah menganjurkan:

“……Pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung”.

Jujur… kawan……

Hal yang paling membahagiakan yang kudapatkan antara pukul 07.30 sampai pukul sore dikampus adalah bersua mahluk Tuhan yang selalu menundukkan mata bila bertemu mata denganku……….

Adem…. Banget

Okk.. kawan.. ini bukanlah curhat atau sejenisnya, tapi aku tak bisa membantah langsung dirimu bila berkata padaku “jangan ko mimpi”… anggaplah aku menggugatmu lewat tulisan ini

Jujur…. Hal yang paling kurindukan saat ini adalah:

“Jenis insan Tuhan yang inilah yang menjadi ibu dari anak-anakku”

4 Tanggapan to "APA JUDUL YANG BAGUS YAH?…."

nice posting… moga dapet calon sesuai yg kamu inginkan…amiin

wah… blog nak2 indonesia!… saya tumpang lalu!

yah,,maimo,,,nando kalambehi,,hehe,,ada informasi baru,,jangan lambat…sayembara..

subhanallah…wahai jiwa2 perindu bidadari surga,,,kalo ente menantikan seorang ummi buat ank2 ente sabar aja kan datang wanita yang baik buat lelaki yang baik bgtupun sebaliknya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

September 2007
S S R K J S M
« Agu   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 517,026 hits
%d blogger menyukai ini: