Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

Limbah Kakao Bisa Jadi Pasta Gigi

Posted on: Juni 29, 2007

Kesehatan gigi menjadi topik yang dibahas dalam pidato pengukuhan dua guru besar dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas, di depan Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Unhas, di Rektorat Kamis, 21 Juni. Kedua guru besar yang dikukuhkan tersebut; Prof Dr drg Burhanuddin Daeng Pasiga dan Prof drg Mohammad Dharmautama,PhD.

Burhanuddin mengangkat topik tentang Implikasi Pemanfaatan Limbah Kulit Buah Kakao dalam Bidang Kedokteran Gigi. Adapun Dharmautama mengambil tema pidato mengenai Pendekatan Holistik pada Perawatan Prostetik Pasien Lanjut Usia.

Menurut Burhanuddin, limbah kulit buah kakao sangat bermanfaat dan ekonomis jika dibuat pasta gigi. Serbuk kulit buah kakao, kata ketua Ikatan Profesi Kesehatan Gigi Masyarakat (IPKESGIMI) Cabang Sulsel ini, berfungsi sebagai antibakteri, dan antiinflamasi.

“Dalam kulit buah kakao mengandung katekin. Akhir-akhir ini, kitekin dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam permen karet, pasta gigi, deodoran dan sebagai bahan untuk eliminasi halitosis atau bau mulut dan antikaries,” tandas pria kelahiran Sila-Bima, 14 Desember 1955 ini.

Penelitian katekin dari teh hijau dilaporkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, mencegah bau mulut. Padahal golongan katekin dalam kulit buah kakao sebanyak 4 kali lebih besar dibanding teh. “Berarti kemampuan kandungan zat aktif dalam kulit buah kakao dapat berfungsi sama atau mungkin lebih dibanding teh, “ujar dosen FKG Unhas ini.

Adapun Prof Dharmautama mengatakan dalam pidatonya bahwa pengelolaan pasien lansia (usia lanjut) harus dilakukan secara komprehensif, cermat, dan teliti dengan pendekatan multidisiplin atau holistik.

“Pada pasien lansia yang dirawat inap, umumnya mengalami kondisi fisik dan kesehatan yang lemah sehingga memerlukan bantuan dalam memelihara kesehatan gigi mulut dan gigi tiruannya,” tandas Dekan FKG Unhas ini. Pengukuhan kedua guru besar tersebut dihadiri keluarga dan kolega. Di antaranya hadir Uli Syahrul Yasin Limpo.

8 Tanggapan to "Limbah Kakao Bisa Jadi Pasta Gigi"

Saya mahasiswi Politeknik Negeri Jember, tapi aslinya dari Sul-Sel tepatnya masamba. Saya ingin menenyakan apakah hanya karena zat katekin yang dikandung dalam kulit buah kakao yang dapat dijadikan sebagai pasta gigi?

apakah dasar pemikiran Anda melakukan penemuan atau penelitian ini?
apakah pasta gigi ini memiliki kualitas terjamin jika dibandingakan dengan merk-merk pasta gigi di pasaran? jika ya. Jelaskan alasan Anda!!

bagaimana proses pembuatan pasta gigi berbahan limbah kakao?

salam..

sy dinda, mahasiswa pascasarjana UNHAs, saat ini saya sedang mengerjakan tesis saya, tentang pemanfaatan kulit buah kakao..,
kalo boleh.. saya ingin tau… tentang kandungan utama kulit buah kakao tersebut… dari lapisan eksokarp, mesokarp, skelrotik dalam dan luar….,

sangat brRati bg sy..apabila bapak bersedia membagi sedikit ilmu,..

-wassalam-

assalm…..

kak, saya pim2….saya sedang mengerjakan skripsi tentang kulit buah kakao juga,,,bisa membantu memberikan info tentang tesis kakak,,,,makasih

wah,,, keren banget…
emang pertanian_ semua2nya bermanfaat,,,,

saya nurul desiayana mahasiswa fakultas kedokteran universitas sebelas maret solo… boleh kah saya mengetahui kandungan terbesar dalam biji coklat atau kulit coklat….

mengnai epigallokatekin galat . apakah kndungan itu banyak terdapat di coklat dari pada di teh… mohon petunjuknya krna saya sgt membutuhkan nnya untuk skripsi saya terimaksih…

salam..
saat ini saya menjual CD cara berkebun kakao yang benar, hanya dengan harga 60 ribu (sudah ongkos kirim).
CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknyalangsung di lapangan.
dan tersedia juga buku panduannya (berwarna dan bergambar) harga 60 ribu.
jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.
terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 517,026 hits
%d blogger menyukai ini: