Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

Olahraga Cara Ampuh Pertajam Ingatan

Posted on: Juni 25, 2007

Olahraga ternyata tak hanya membuat tubuh bugar dan sehat, tapi berolah tubuh diyakini bisa meningkatkan kemampuan otak untuk membangun sel-sel baru yang berkaitan dengan daya ingat.Ujicoba yang dilakukan sekelompok peneliti Amerika memperlihatkan bahwa olahraga bisa menumbuhkan sel-sel baru pada dentate gyrus, bagian dari hippocampus yang berpengaruh pada penurunan daya ingat manusia yang umumnya dimulai pada usia sekitar 30an.

Awalnya peneliti menggunakan skan MRI pada tikus. MRI atau Magnetic Resonance Imaging merupakan pemeriksaan dengan menggunakan gelombang elektromagnet untuk menghasilkan gambar organ dalam tubuh manusia.

Setelah melakukan pada tikus, mereka menggunakan MRI untuk meneliti otak manusia sebelum dan setelah berolahraga. Mereka menemukan pola yang sama, yang menunjukkan bahwa manusia juga mengembangkan sel-sel otak baru saat mereka berolahraga.

“Tak ada penelitian sebelumnya yang secara sistematis mengkaji wilayah hippocampus sevara berbeda dan mengidentifikasi wilayah mana yang paling terpengaruh dengan olahraga,” kata pemimpin studi Dr. Scott Small, ahli syaraf di Columbia University Medical Center di New York, seperti dilansir dari Reuters, Senin (12/03).

Sementara itu Fred Gage, ahli otak dari Salk Institute di La Jolla, California, telah memperlihatkan bahwa olahraga bisa mengakibatkan pengembangan sel baru otak pada tikus sama dengan dentate gyrus.

Tim yang menulis hasil penelitian mereka pada Proceedings of the National Academy of Sciences saling bekerjasama menemukan cara mengukur pengukuran MRI ini, dengan melacak volume darah pada otak.

“Segera setelah temuan ini dipastikan pada tikus, kami tertarik untuk memastikan bagaimana olahraga berdampak pada peta volume darah orang hippocampus pada manusia,” tambah Gage.

Mereka tentu saja tak dapat membedah otak manusia untuk melihat apakah syaraf baru tumbuh, tapi mereka memilih menggunakan MRI untuk melihatnya.

Dalam penelitian ini, mereka merekrut 11 orang dewasa yang sehat dan meminta mereka melakukan olahraga seperti aerobik selama tiga bulan secara rutin, yang dibarengi dengan melakukan MRI pada otak mereka sebelum dan setelah olahraga. Mereka juga mengukur kebugaran responden dengan mengukur volume oksigen sebelum dan setelah berolahraga.

“Olahraga melancarkan aliran darah ke dentate gyrus pada manusia, dan makin sehat seseorang, makin banyak aliran darah MRI terdeteksi,” jelas para peneliti.

“Kesamaan luar biasa antara perubahan volume darah otak yang dihasilkan oleh olahraga dalam pembentukan hippocampus pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa dampak tersebut memiliki mekanisme serupa,” tambah Gage dkk, yang akan meneliti manfaat olahraga untuk meningkatkan daya ingat dan meminimalkan kehilangan daya ingat normal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 517,026 hits
%d blogger menyukai ini: