Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

ADA APA DENGAN BAU MULUT

Posted on: Juni 16, 2007

Penyakit jamur candida tak jarang bersarang di mulut dan menyemburkan aroma mulut yang tak sedap juga. Begitu juga jika herpes mampir di lidah atau di selaput lendir mulut. Herpes mulut tak bisa sembuh dan sering kambuh mirip seriawan. Seriawan di tempat yang itu-itu lagi mungkin herpes simplex penyebabnya.

Selain oleh kuman biasa, rongga mulut bisa terinfeksi kencing nanah, dan sifilis juga, selain oleh kuman difteria, campak, dan TBC. Walau gigi geligi sehat, jika punya amandel yang terinfeksi (tonsilitis), mulut bisa berbau bacin juga.
 
Rajin seriawan pasti bikin mulut jadi bau. Pasien leukemia salah satu gejalanya bisa mulut berbau. Begitu juga jika kekurangan vitamin B12 (anemia perniciosa), pada orang yang punya kebiasaan menyantap makanan masih panas, serta minum obat-obatan tertentu.

Kanker mulut paling sering di bibir selain di lidah. Lidah sering tergigit, salah satu tanda awal orang kena kanker lidah. Kontak tembakau pada perokok dan penyirih, terpapar alkohol, selain oleh paparan matahari diduga faktor pemicu kanker bibir.
 
Waspada jika warna atau permukaan lidah berubah, kehilangan atau menurunnya rasa kecap, atau seriawan di lidah tak sembuh, kemungkinan itu awal kanker lidah. Sedang sifilis menimbulkan bercak khusus yang tak hilang-hilang pada lidah.

Bau mulut juga bisa bersumber dari gangguan kelenjar liur. Jika produksi liur menurun, misalnya selagi emosi, atau pada kelenjar liur yang terinfeksi, atau meminum obat-obatan yang menekan produksi liur, mulut berbau juga. Namun, keluhan bau mulutnya cuma berlangsung sementara.

Umumnya mulut berbau jika:

  • Ada infeksi di rongga mulut, gigi keropos atau bolong, gusi bengkak, karang gigi atau calculus
  •  Lidah meradang, bisa sebab kurang vitamin, lidah  tergigit, atau tumbuh kanker di sana
  •  Ada infeksi gusi, gusi gampag berdarah, demam, mulut banyak mengeluarkan liur, dan badan lemah. 
     
    Keluhan bau mulut menetap terjadi jika kelenjar liur terkena radiasi. Misalnya pada pasien kanker tenggorok yang mesti menjalani pengobatan penyinaran. Kelenjar liur bisa ikut rusak, sehingga produksi liur terhenti. Di sini bau mulutnya abadi. Mulut berbau terus di segala musim bikin teman tidur setengah klenger.

Saluran kelenjar liur pun bisa tersumpal oleh batu liur. Tanpa mengangkat batu liurnya, liur tak mengalir ke rongga mulut, mulut berbau sebab mulut terus-terusan kering.

Infeksi berulang pada kelenjar tonsil menimbulkan abses amandel. Kelenjar tonsil menjadi rusak, mengeriput, lalu infeksi terus menerus bersarang di sana. Tonsil yang rusak dan penuh dengan nanah yang lalu menjadi abses tonsil, menyebarkan bau mulut yang tak sedap. Bau mulut baru reda setelah amandelnya diangkat.

Lambung, hidung, paru-paru, hati, atau ginjal

  • Di luar mulut, bau mulut bisa bersumber dari penyakit paru-paru, hidung, lambung, hati, atau ginjal.

Jika lambung terganggu, bau tak sedap di lambung bisa keluar ke mulut. Jika orang yang rongga mulutnya sehat tapi mulutnya berbau, kemungkinan ada apa-apa di luar mulut. Salah satu gejala radang lambung menahun, kanker lambung atau kanker usus duabelas jari bisa bau mulut juga.
 
Infeksi paru-paru pun bikin mulut jadi bau. Pada bronchiecstasis, misalnya. Dahak yang lama tertahan di dalam paru-paru menyebarkan bau busuk dari mulut. Begitu juga jika infeksi bersarang di dalam rongga sinus atau sinusitis, atau terdapat benda asing tanpa sadar tersangkut di rongga hidung seperti sisa tisu yang ketinggalan misalnya, bau busuk menyusup keluar dari mulut juga.
 
Gangguan pada hati mengembuskan bau amis dari mulut, sedang ginjal yang mulai rusak bikin mulut bau pesing. Mulut bisa berbau juga pada pasien yang kencing nanahnya tidak terkontrol.

Normal kalau orang yang tidak begitu doyan berbicara, sering mingkem, kalau mulutnya selalu bau. Tergolong masih normal pula bau mulut orang tipe silent is golden begini kalau baru habis makan jengkol atau pete.

Di sini permen penyegar mulut dan pengharum mulut bisa menolong. Menjadi abnormal dan perlu obat kalau tidak makan jengkol atau pete, mulut yang bukan tergolong rajin mengatup pun masih bau got mampet.

Soal kencing nanah tenggorokan

  • Kembali soal kencing nanah tenggorokan. Disinyalir semakin banyak orang mengidap kencing nanah tenggorokan akibat oral seks.

Awalnya, mungkin dari wanita penghibur yang tenggorokannya tertular kencing nanah dari langganannya sehabis melakukan oral seks.

Lalu, oleh karena umumnya tidak diobati, sakit tenggorokan oleh kencing nanahnya tak sembuh dan tetap bersarang di sana. Dianggap sakit tenggorokan biasa, cuma minum obat warung, kencing nanah tenggorokannya tak sembuh-sembuh.

Wanita penghibur spesialis oral seks seperti itu kemudian menjadi sumber penular bagi lelaki hidung belang berikutnya. Kalau bukan menular ke mulut langganannya lewat berciuman, tentu bisa ke kelamin juga jika langganannya cuma doyan di oral seks. Oleh karena lelaki hidung belang umumnya mengira aman dengan memilih cuma sekadar oral seks, kejadian kencing nanah di tenggorokan atau kelaminnya acap tidak terduga.   

Kuman kencing nanah ditularkan lewat selaput lendir kelamin atau rongga mulut, termasuk tenggorokan, apabila sudah terbentuk luka mini di sana. Kita tahu, seringan apa pun kegiatan seks, selaput lendir kelamin dan mulut hampir selalu menimbulkan luka renik yang belum tentu tampak oleh mata telanjang.

Hal seperti itu terjadi pula pada oral seks. Lewat luka renik di mulut atau di kelamin, kuman kencing nanah yang berasal dari mulut atau kelamin sendiri memasuki tubuh. Pak Soet sama sekali tak mengira kalau sekadar dioral seks yang disangka aman nyatanya tenggorokannya bisa tertular kencing nanah juga.     

Singkirkan penyebabnya

  • Oleh karena penyebab bau mulut lebih dari satu, obat bau mulut tidak seragam.

Bau mulut tak sembuh tuntas dengan obat kumur, permen, atau pengharum mulut melainkan cuma apabila penyebabnya ditangkap, lalu digebuki sampai kapok.  

Kebanyakan kita mengobati bau mulut cuma tambal sulam, menutupi  bau tak sedapnya belaka. Begitu lupa memakai penutup bau, sang mulut tak ubahnya lubang septic tank.

About these ads

12 Tanggapan to "ADA APA DENGAN BAU MULUT"

bagaimana menghilangkan bau mulut yang sebenarnya? dan apa obatnya agar bau mulut hilang tanpa harus ke dokter?

apakah ada dokter yang dapat menganalisis bau mulut secara tuntas ? pls reply ke alamat email diatas

Hidung bau disebabkan oleh kuman apa? Kalau “mulut bau” namanya Halitosis, kalu “hidung bau” namanya penyakit apa dan alternatif obat-obatnya apa saja?

Mulut bau penyebabnya macam-macam, kalau hidung bau penyebabnya apa saja? Nama obatnya yang dijual bebas di Apotik apa?

maaf saya cuma mau minta solusi istri saya sedang mengalami sakit tenggorokan dan gusi bengkak, apa itu pengaruh dari panas dalam atau yang lain.soalnya akibatnya menjalar sampe sakit kepala.
tolong dikasih solusinya.terimakasih

Apakah bau mulut jg disebabkan oleh gigi palsu dr logam?

apakah gigi palsu dr logam jg menyebabkan bau mulut? solusi nya bagaimana?

Emang bener bau mulut itu musuh dalam selimut……..perlu dibuka selimutnya dan dibinasakan sampe abizzzz…….selamat tinggal bau mulut….!

ada yg bisa kasi solusi utk bau mulut sy..

Ada ga dokter yang bagus yang bisa menyembuhkannya.ada alamat or tlpnya…plz rpl ke e mailku thx

Herba ZS, herba alami solusi efektif sembuhkan bau mulut dari sumbernya, baik akut maupun kronis, info http://sembuhbaumulut.blogspot.com

Lidah saya kegigit lalu robek…trasa panas dlm saya…bau mulai tak enak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 383,535 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: