Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

ARTIKEL TENTANG FAKTUR RAHANG

Posted on: Juni 9, 2007

Fraktur atau patah tulang rahang adalah hilangnya kontuinitas pada rahang. Pada daerah rahang meliputi tulang rahang atas (maxilla), rahang bawah (mandibula) yang diakibatkan oleh trauma pada wajah ataupun keadaan patologis, dapat berakibat fatal bila tidak ditangani dengan benar.

Tanda-tanda patah pada tulang rahang meliputi :
1. Dislokasi, berupa perubahan posisi rahang yg menyebabkan maloklusi atau tidak berkontaknya rahang bawah dan rahang atas
2. Pergerakan rahang yang abnormal, dapat terlihat bila penderita menggerakkan rahangnya atau pada saat dilakukan .
3. Rasa Sakit pada saat rahang digerakkan
4. Pembengkakan pada sisi fraktur sehingga dapat menentukan lokasi daerah fraktur.
5. Krepitasi berupa suara pada saat pemeriksaan akibat pergeseran dari ujung tulang yang fraktur bila rahang digerakkan.
6. Laserasi yg terjadi pada daerah gusi, mukosa mulut dan daerah sekitar fraktur.
7. Discolorisasi perubahan warna pada daerah fraktur akibat pembengkakan
8. Disability, terjadi gangguan fungsional berupa penyempitan pembukaan mulut.
9. Hipersalivasi dan Halitosis, akibat berkurangnya pergerakan normal mandibula dapat terjadi stagnasi makanan dan hilangnya efek “self cleansing” karena gangguan fungsi pengunyahan.
10. Numbness, kelumpuhan dari bibir bawah, biasanya bila fraktur terjadi di bawah nervus alveolaris.

Perawatan dapat dilakukan dengan reduksi terbuka berupa tindakan operasi dengan pemasangan plat dan screw untung menyambungkan tulang yang patah. Pada fraktur yang simple dapat dilakukan reduksi tertutup dengan pengikatan rahang atas dan rahang bawah, diikuti tindakan imobilisasi.

4 Tanggapan to "ARTIKEL TENTANG FAKTUR RAHANG"

halo mas boleh saya ambil artikelnya untuk dipasang di blog saya blog saya ini merupakan kumpuln materi kedokteran gigi dan memang diambil dari berbagai sumber. linknya pasti saya kasi mas🙂 kalau mas mau menjadi penulis bisa hub saya makasi sebelumnya mas🙂

Aku lagi bingung bangeeettt…nihhh…
terus terang aku baru ganti bracket ,tapi dokterku ini memenuhi usulku untuk memasang bracket secara rata atau berjejer..
Saya dengar2 akan berpengaruh ke bentuk rahang yaa…
terus apa dampak etching yang terlalu banyak bagi gigi kita???
Toloooong bangeet….aku butuh jawabaaaaan nih…
Aku lagi binguuuuung….bangetttt…

aku lagi stres nich…
2 tahun belakangan ini aku ada masalah sama tulang rahang aku…aku susah buat mengunyak terlalu lama dan aku ga bisa mengunyah makanan yang teksturnya keras…kadang aku tak dapat membuka mulut ku terlalu besar karna sakit, n’ tiap hari aku mendengar bunyi seperti tulang rahang ku pecah… yang aku mau tanyakan apakah aku terkena kanker tulang rahang atau tidak????? :*(

aku lagi bingung nich…
2 hari yang lalu aku kecelakaan ditabrak motor..
trus dagu aq mengalami lebam,,gigi depan aq jg patah 2,…
trus,..aq disaranin masang krom,..
yang aq bingung,..sejak kecelakaan itu,..aq mengalami gangguan waktu mengunyah makanan di gi2 geraham…
waktu aq ngunyah makanan ,.tulang rahang bawah aq agak nyeri,..
tapi rasa nyeri itu mncul ktika prtemuan antara gi2 geraham ats dan bawah aq,..
itu bagaimana y??
apakah termasuk faktur tulang rahang juga,..dislokasi ato gmn y???
tlg kasih aq jwbnny y,..aq takuut bgt klo ad apa2 ny….
mksh sblmny…

Tinggalkan Balasan

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Top Clicks

  • Tak ada

Blog Stats

  • 517,026 hits
