Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

LIANG (GUA) KOBORI: BUKTI PRASEJARAH DI MUNA

Posted on: Mei 31, 2007

Liang Kobori yang berarti “Gua Bertulis” merupakan sebuah gua dengan lebar 30 meter dan tinggi bervarisi antara 2 sampai dengan 5 meter serta memiliki total kedalaman sekitar 50 meter.

Gua ini menyimpan berbagai misteri kehidupan masyarakat prasejarah suku Muna yang tergambar pada 130 situs aneka goresan berwarna merah pada dinding gua bagian dalam. Goresan-goresan tersebut masih tetap terjaga keasliannya, terutama bentuk dan kecermelangan warnanya yang hingga saat ini masih merupakan sebuah misteri tentang bahan tinta yang digunakan. Misteri peninggalan sejarah ini menanti kedatangan wisatawan yang gemar terhadap penelitian kepurbakalaan serta penjelajahan keaslian alam.

9 Tanggapan to "LIANG (GUA) KOBORI: BUKTI PRASEJARAH DI MUNA"

NO COMENT

Mana cerita seremny w suka b9t sm miseri gaib!maklum orang indonesia kan mistikny msh kental

wah bagus nii….! buat jadi objek wisata…bagusnya pelajar2 diajk ksana….

4 Oktober 2008 saya sempat di liangkobori kebetulan itu kampungnya neneku yang tercinta, terlalu indah di jalan diantara bukit menuju ke gua apa lagi di dalam gua ada berbagai macam gambar dinding (Qu ada foto2x), yang berkesan bagiku adalah gambar saling pegangan tangan mungkin itu namanya orang lagi Lulo.. jangan heran kalo kesana sebagian masyarakat menampung titik-titik air di dalam gua tuk keperluan sehari-hari, trus rumah-rumahnya khas muna banget ada botol-botol tergantung di depan rumah yang mungin biasa disebut karanuno lambu gitu deh (teman2 ga pingin kesana? rugi banget sama kok dengan indahnya Danau Kelimutu di FLORES Sini)…hei sabangkaku jangan coret-coret ya guanya….

di tempat saya ada juga kok.. gua yang namanya liang betulis
yang letaknya di LEMPESU paser

Lempese paser itu di mana..? penasaran neh..

bagus kalau dikembangkan Pak. tapi pernahkah kita muncul di permukaan?

Wah . ItU t4 pnelitian.x kami. . Nggak bisa di byangkan, cAra gmbr lukisan2 it . Soalx, dinding gua.x sampe 50.m . Mgkin dlu orang2.x msh gIant smw. . Wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mei 2007
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 517,204 hits
%d blogger menyukai ini: