Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

DAUN SIRIH SEBAGAI OBAT SAKIT GIGI

Posted on: April 10, 2008

APA YANG Anda rasakan tatkala sakit gigi? Badan meriang, kepala pusing, tidak bersemangat untuk beraktivitas apa pun. Sakit terutama disebabkan oleh karies (demineralisasi) itu memang menjengkelkan. Karies gigi timbul karena adanya plak gigi, yaitu lengketan berisi bakteri dan produk-produknya yang terbentuk pada semua permukaan gigi.
.
BAKTERI yang berperan penting dalam pembentukan plak adalah bakteri yang mampu membentuk polisakarida ekstraseluler, yaitu bakteri dari genus Streptococcus. Bakteri Streptococcus yang ditemukan dalam jumlah besar pada plak penderita karies adalah Streptococcus mutans (Roeslan, 1996).
.Koloni S mutans selanjutnya memfermentasi sukrosa menjadi asam. Asam yang dihasilkan dapat mempercepat pemasakan plak yang berakibat pada turunnya pH permukaan gigi. Apabila pH tersebut terus turun hingga angka kritis (5,2-5,5), maka email gigi akan larut dan timbullah karies gigi.
Pencegahan akumulasi plak diperlukan guna menghindari sakit gigi sekaligus menjaga kesehatan mulut. Pencegahan akumulasi plak dilakukan dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan menggosok gigi secara teratur dengan pasta gigi yang mengandung antibakteri plak.
.
Pasta gigi yang beredar di pasaran umumnyamengandung fluordalam bentuknatrium fluorida(NaF), staniumfluorida(SnF>jmp 2008m<>kern199m<>h 6526m,0<>w6526m<2>jmp 0m<>kern200m<>h 8333m,0<>w8333m<), dan natrium monofluorofosfat (NaMFP). Fluor memang bertindak sebagai senyawa antibakteri.
Meski demikian, penggunaan pasta gigi dengan konsentrasi fluor tinggi dapat menimbulkan efek samping berupa fluorosis email dan belum efektif membunuh bakteri karena lebih bersifat menghambat. Selain itu bahan kimia ini masih diimpor dari luar negeri dengan harga relatif mahal.
Karena itu, para ilmuwan berupaya mencari alternatif. Hasilnya adalah pasta gigi yang mengandung minyak atsiri daun sirih sebagai zat antibakteri.
Pasta gigi yang mengandung minyak atsiri daun sirih memang tergolong relatif baru. Tetapi sebenarnya, khasiat daun sirih (Piper betle) sebagai antibakteri mulut dan gigi sudah diketahui dan dibuktikan sejak lama.
.
MASYARAKAT Indonesia sudah sejak lama mengenal daun sirih sebagai bahan untuk menginang dengan keyakinan bahwa daun sirih dapat menguatkan gigi, menyembuhkan luka-luka kecil di mulut, menghilangkan bau mulut, menghentikan pendarahan gusi, dan sebagai obat kumur.
Keyakinan masyarakat yang berlangsung turun-temurun tersebut menggelitik para ilmuwan untuk meneliti guna membuktikan khasiat daun sirih secara klinis. Salah satu penelitian dilakukan di Laboratorium Biokimia Institut Pertanian Bogor (IPB). Tujuannya untuk mengetahui aktivitas antibakteri oleh daun sirih sekaligus membandingkannya dengan aktivitas antibakteri oleh fluor.
Penelitian dilakukan dengan cara menuangkan biakan bakteri S mutans sebanyak 0,5 ml ke media padat SSB (Streptococcus Selection Broth). Pada tempat lain disiapkan kertas saring Whatman yang steril dan dicelupkan pada larutan uji berupa larutan minyak atsiri daun sirih dan NaF. Kertas tersebut dikeringkan kemudian dipindahkan pada media SSB yang berisi bakteri uji. Selanjutnya diinkubasi pada suhu 37° C. Hasilnya bisa dilihat pada tabel.
.
Tabel 1 memperlihatkan bahwa NaF dan minyak atsiri daun sirih sudah menunjukkan aktivitas antibakteri pada konsentrasi 0,1persen (b/v). Aktivitas antibakteri ini ditunjukkan oleh adanya zona hambat. Zona hambat pada NaF berdiameter 0,016 cm sedangkan pada minyak atsiri daun sirih berdiameter 0,049 cm (tiga kali lipat NaF).
Semakin besar angka zona hambat berarti semakin besar pula aktivitas antibakterinya. Pada Tabel 1 terlihat bahwa angka zona hambat minyak atsiri daun sirih lebih besar dibandingkan angka zona hambat NaF di semua konsentrasi. Ini menunjukkan bahwa minyak atsiri daun sirih memiliki aktivitas antibakteri yang lebih besar dibandingkan senyawa fluor terutama terhadap S mutans.
.
Lalu, bagaimana senyawa fluor dan minyak atsiri daun sirih beraktivitas sebagai antibakteri?
Fluor bekerja menginaktifkan enzim yang berperan dalam proses pembentukan energi bagi bakteri S mutans. Substrat berupa karbohidrat untuk energi S mutans mengalami metabolisme melalui proses glikolisis. Proses glikolisis hanya akan terjadi dengan bantuan beberapa enzim, salah satunya adalah enzim enolase.
.
Enolase mempunyai kofaktor berupa ion Mg2+. Bila terdapat ion fluor, maka ion Mg2+ tersebut akan berikatan dengan ion fluor. Akibatnya, enzim enolase menjadi tidak aktif.
Tidak aktifnya enzim enolase ini menyebabkan fosfoenolpiruvat tidak dapat disintesis sehingga proses glikolisis yang merupakan mekanisme pembentukan energi tidak berjalan. Dampaknya, pertumbuhan S mutans terhambat karena kekurangan energi.
Meski demikian, aktivitas NaF sebagai antibakteri hanya bersifat bakteriostatik (menghambat pertumbuhan bakteri), bukan bakterisidal (membunuh bakteri). Hal ini diketahui dari fakta pada zona hambatan. Zona hambatan yang dibentuk NaF setelah diinkubasi selama empat hari ternyata ditumbuhi oleh bakteri.
.
BERBEDA dengan NaF, aktivitas minyak atsiri daun sirih sebagai antibakteri bersifat zona hambatan dan tidak lagi ditumbuhi bakteri.
Daya antibakteri minyak atisiri daun sirih disebabkan oleh adanya senyawa fenol dan turunannya yang dapat mendenaturasi protein sel bakteri.
.
Heyne (1987) menyebutkan, komponen utama minyak atsiri terdiri dari fenol dan senyawa turunannya. Salah satu senyawa turunan itu adalah kavikol yang memiliki daya bakterisida lima kali lebih kuat dibandingkan fenol.
.
Kehadiran fenol yang merupakan senyawa toksik mengakibatkan struktur tiga dimensi protein terganggu dan terbuka menjadi struktur acak tanpa adanya kerusakan pada struktur kerangka kovalen. Hal ini menyebabkan protein terdenaturasi . Deret asam amino protein tersebut tetap utuh setelah denaturasi, namun aktivitas biologisnya menjadi rusak sehingga protein tidak dapat melakukan fungsinya..
.
Melihat cara kerjanya, aktivitas antibakteri minyak atsiri daun sirih tampak lebih efektif dibandingkan fluor. Faktanyapun demikian (Tabel 1), minyak atsiri daun sirih memiliki aktivitas antibakteri yang lebih besar dibanding NaF yang banyak dipakai pada pasta gigi selama ini.
SELAIN dalam bentuk larutan murni, pengujian aktivitas antibakteri dilakukan juga dalam bentuk pasta gigi, yaitu pasta gigi yang mengandung NaF (F) dan pasta gigi yang mengandung minyak atsiri daun sirih (S). Hasil uji kedua pasta gigi tersebut terlihat pada Tabel 2.
Pasta gigi F baru menunjukkan aktivitas antibakteri pada konsentrasi 0,75persen (b/b). Konsentrasi tersebut cukup tinggi mengingat kadar NaF yang biasa diberikan dalam pasta gigi hanya 0,2-0,3 persen (Hartono, 1988). Maka dapat diduga, pasta gigi biasa yang mengandung NaF tidak memiliki aktivitas antibakteri terhadap S mutans. Pasta gigi S sudah menunjukkan aktivitas antibakteri pada konsentrasi 0,1persen(b/b). Aktivitasnya terus meningkat dengan meningkatnya konsentrasi minyak atsiri. Tabel 2 juga memperlihatkan bahwa pasta gigi S memiliki aktivitas antibakteri lebih besar dibandingkan pasta gigi F di semua konsentrasi.
.
Ditilik dari sifat antibakterinya, pasta gigi daun sirih lebih unggul daripada pasta gigi NAF, namun tidak berarti pasta gigi daun sirih tanpa kelemahan. Warna pasta gigi ini bisa berubah dari putih menjadi kecoklatan, diduga akibat reaksi oksidasi minyakatsiri. Oksidasiterjadi karenapada pastagigi terdapatCaCO>jmp2008m<>kern 199m<>h6526m,0<>w 6526m<3>jmp0m<>kern 200m<>h8333m,0<>w 8333m< yang melepaskan panas ketika dicampur dengan bahan lain.
Funayama dan kawan-kawan (1995) menyebutkan, pasta gigi minyak atsiri mengandung kavikol yang sangat mudah teroksidasi dan dapat menyebabkan perubahan warna.
Kelemahan ini dapat diatasi dengan pemberian pewarna pada pasta gigi, misalnya warna hijau. Dengan demikian, perubahan warna dari putih ke coklat tadi tidak banyak berpengaruh, pasta gigi tetap saja berwarna hijau.
.
Selain perubahan warna, ada satu lagi kelemahan pasta gigi minyak atsiri. Minyak atsiri daun sirih mengandung banyak komponen yang sangat mudah menguap (volatil). Banyaknya penguapan akan mempengaruhi jumlah dan konsentrasi senyawa aktif yang tentunya berpengaruh pada daya antibakterinya. Kelemahan ini pun dapat diatasi dengan pemakaian zat pembawanya yang bersifat mempertahankan senyawa atsiri.
Fundsi lain dari daun sirih
Beberapa cara penggunaan daun sirih untuk banyak kegunaan, seperti yang sudah diakui di mana-mana antara lain:
1. Sebagai obat untuk diminum. Caranya, 10-15 lembar daun sirih tua direbus dengan air bersih. Usahakan tidak menggunakan air ledeng yang masih tercium bau kaporitnya. Setelah mendidih dan didinginkan, kemudian disaring, saringannya ditempatkan di dalam gelas. Umumnya penambahan air untuk merebus 10-15 lembar daun sirih, adalah 4-6 gelas, serta setelah penggodokan lebih baik menggunakan daun sirih baru.
Manfaat saringan godokan daun sirih ini, antara lain untuk menghilangkan sakit gigi/sakit gusi, atau untuk memperkuat kedudukan gigi yang mulai goyang. Setelah 2-3 kali menggunakan air rebusan ini, rasa sakit dan goyahnya kedudukan gigi, akan berkurang atau hilang samasekali.
Rebusan air bersih ini pun, dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan atau bau keringat. Tanpa diminum tetapi digunakan sebagai cairan kumur-kumur, godokan daun sirih dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut, menghilangkan sariawan, menghentikan pendarahan pada gusi dan memperkuat kedudukan gigi.
2. Sebagai obat luar, misal kudis, gatal-gatal, koreng, bisul, luka bakar, dan sebagainya. Caranya, daun sirih yang digunakan sekira 20-25 lembar, dihancurkan atau daunnya diiris-iris, kemudian ditambah air bersih secukupnya, dan dijadikan sebagai pencuci atau “pengompres”. Rasa sakit ataupun gejala sakit, dalam 5-6 kali pemakaian akan segera hilang.
Seperti untuk pengobatan bisul, selain menghilangkan bengkak, rasa sakit juga akan segera hilang. Hal yang sama juga untuk jerawat, setelah beberapa penggunaan dengan cara dioleskan atau dilulurkan, jerawat akan segera hilang.
Akhirnya bagi ibu-ibu yang baru melahirkan serta memiliki kelebihan produksi ASI, maka daun sirih dapat digunakan untuk menguranginya dengan cara antara lain:
Beberapa lembar daun sirih, jangan terlalu tua dan jangan terlalu muda, diolesi minyak kelapa permukaan atasnya, dihangatkan sebentar, kemudian tempelkan pada payudara yang agak membengkak. Dalam beberapa hari di samping bengkaknya akan hilang, juga kelebihan ASI akan teratasi

About these ads

43 Tanggapan to "DAUN SIRIH SEBAGAI OBAT SAKIT GIGI"

gmna dpat mnyak atsiri daun sirih ny??
pke cara pa????
truz wrna mnyak nya pa mz????
q dh nyoba tp warna ny hijau gt…..
dh coba dimurnikan pke adsorben tetep g brubah wrna ny…..
pa slaen SSB bsa pke TYC jg mz????
tlong yawh mz bwt TA ne…..
thx

Saya spertinya sudah cukup putus asa dengan Bau mulut yg saya alami ini, kiranya melalui forum ini saya minta tolong untuk di berikan tips bagaimana caranya untuk menghilangkan masalah ini ,karna sangat mengganggu dalam pergaulan sehari-hari, Dan apakah benar dengan kumur2 air sirih dapat membantu menghilangkan bau mulut ini.
Kiranya saya bisa mendapatkan jawaban dengan dikirimkan ke email saya.
Terima Kasih Banyak

apa nama obatnya yang mengandung daun sirih tersebut baik yang cair ataupun pasta?

em, aku lg mw ngerjain KTI ni, klo ada yg punya judul untuk ngajuin tolong ya????

wah, ini penelitian anak biokim yah?
salam kenal, iqbal-biokimIPB

Somehow i missed the point. Probably lost in translation :) Anyway … nice blog to visit.

cheers, Then.

gigi sy suka ngilu and sakit, apakah bisa dengan rebusan daun sirih? apakah karang gigi jg bisa hilang dengan berkumur rebusan daun sirih? yang paling baik daun sirih direbus atau dibuat pasta?

Wew, tips2 yang sangat berguna sekali!! Sakit gigi ama sakit hati sama2 cemut2 rasanya hehehe!

TOLONG TERANGKAN DENGAN LENGKAP SENNYAWA APA SAJA YANG TERDAPAT PADA DAUN SIRIH DAN MANFAAT SERTA KERUGIANNYA JIKA DI KONSUMSI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

apa obat sakit gigi yang mujarab

gigi ku bolong2… mw cabut gigi tapi darah tinggi, pake sirih hasilnya tambah sakit… dan gak berkurang sakitnya…. tolongin dooong

Bagus nich… numpang maen n baca yach…..

udah tak coba,mak nyus.. manjur euy.. makasih yak.

gigiku sakit terus, sampai2 mataku juga mau terasa mau copot. tolong dong kasi tau cara penyembuhannya??? soalnya aku takut kalu gigiku di cabut..tolong kasi tau yah,,,kirim aja di emailku,,,

Hey sob…saya sedang sakit nih…saya mau coba resepnya mudah-mudahan bisa sembuh,
trimakasih infonya.

iya, kalau aku suka ngilu makan es, apa pake daun sirih ini bisa..?

semoga atit gigiku sembuh dgn resep mujarab ini,,,,

Apa mungkin dengan daun sirih dapat bereaksi terhadap sakit gigi saya…? Akan saya coba!

Sakit gigi yang saya alami serasa penyakit permanen yang menggerogoti mulut saya.. Mau ngapain nggak bisa.. Gigi saya bolong 3… Klo kena air dingin kok ngilu ya…? Kenapa sih sebenarnya..? Tolong di balas ya..!

pagi mas, salam kenal for all by habib
obat sakit gigi yang tepat untuk anak-anak apa yah ?
makasih

wah ,,,,daun sirih emang pas untuk mungubatin gigi ,,,,
daun sirih sagat majur,,,
setau saya orang minang tu g’ pernah sakit gigi…

kalo sakit gigi hbg maskiki ahli potong gigi tujuan pengobatan cara tradisi potong gigi atau kikir gigi yg sakit dpt sembuh dgn cara maskiki hbg hp 085310641972 http://mjbsfm.blogspot.com

[...] APA YANG Anda rasakan tatkala sakit gigi? Badan meriang, kepala pusing, tidak bersemangat untuk beraktivitas apa pun. Sakit terutama disebabkan oleh karies (demineralisasi) itu memang menjengkelkan. Karies gigi timbul karena adanya plak gigi, yaitu lengketan berisi bakteri dan produk-produknya yang terbentuk pada semua permukaan gigi. . BAKTERI yang berperan penting dalam pembentukan plak adalah bakteri yang mampu membentuk polisakarida ekstrasel … Read More [...]

Selain untuk sakit gigi, sirih juga bisa mengobati sariawan dan keputihan..

Sesuai dengan warisan leluhur daun sirih dapat menghilangkan bau mulut,.tdk apalah kita mencoba siapa tau khasiatnya bagus. Dan sekrang ini banyak produk-produk yg langsung bisa kita gunakan, seperti : Original LISTERINE,….selamat mencoba…semoga berhasil…………….
Sekarang ini saya mengalami sakit gigi yg luar biasa,….gigi graham saya goyang,……dan tdk ada lubang…sy sdh konsul ke dokter gigi,…..tapi belum ada perubahan……sy mau cabut…..tp sy pusing juga karena itu t4 mengaitnya sy punya gigi
palsu,…siapa tau ada yg bisa membantu,.trm kasih…………………

Zetau saya klau g!g! Bengkak tekan pake bwang merah,sakit sih skit tp khasiatx lho manjur,,,daun sirih jg manjur crax beri air sekitar 2 sendok 3lembar daun siri haluskan pake tangan peras sampai air bsa di pake kumur

coba gigit bawang putih pas di gigi yang sakit

maksihhh aku butuh niii

rasanya nyut-nyutan..sakit gigi emg lebih sakit dari sakit hati :(
thx for info all

saya baru mau mencoba,,,,sama sakit gigi saya sudah berjalan lama, sy mau mencoba daun sirih buat di kumur2…..selamat mencoba..

saya baru ngalami ,betapa berat sakit gigi,,,,jgn sampai anda menglami…

Gmna siech crax biar skit gi2q gk balik age…..va siech obt mjrabx

Sakit gigi ku dah menahun,aq trsiksa sekal, sepertinya sarafku dah mulai kena

Selain itu apa obat alami yang mujarab?

Tolong dong bantu q untuk menghilangkan rasa sakit ini uda 1 minggu q gg bsa tdur gara2 sakit gigi sialan ini,,

Aku jga skit gi2 udh lma gak sembuh ? Apakah bnar klo gigi geraham atas tdak bleh di cbut??

.Q lagi sakit gigi nich .
.apa ada cara lain gx yang bisa mengatasi sakit gigi ini .
.kalau ada tolong ea di kasih tau .

.makasih atas perhatiannya .
.kalo bisa krim z keu email Q ea .

rasanya sakit gigi acur deh,pgen ngamuk ae bgung pake obat ap yang manjur g balik lg pdahal dah rutin gosok gigi tpi kok msh sakit gigi salah ap yo

gimana cara mengobati kalau sakit gigi yg sudah terlanjur bengkak pipi’a..

thank info ne

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

April 2008
S S R K J S M
« Feb   Des »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 396,699 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: