Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

ASAL-USUL PANCASILA

Posted on: Juli 22, 2007

Ada tiga teori yang mengkaji asal-usul Pancasila. TEORI PERTAMA menyatakan, Pancasila berasal dari bumi Indonesia, lahir akibat proses kebudayaan bangsa Indonesia yang beragam, kemudian dirumuskan oleh para pendiri bangsa ini sejak zaman penjajah Jepang bercokol di Indonesia.

Pancasila, menurut teori ini, merupakan ramuan yang mencakup semua ajaran agama yang hidup di Indonesia, pandangan hidup yang diwarisi dari nenek moyang dan gagasan pemikiran modern yang diperoleh dari para sarjana Indonesia didikan Barat pada masa penjajahan Belanda.

Berdasarkan sumberdaya semacam itulah Indonesia merdeka dibangun, di atas perpaduan yang harmonis dalam menampung segala macam keyakinan agama, ideologi perjuangan, dan paham kemasyarakatan yang tumbuh di seluruh wilayah Indonesia, selama masa perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang.

Perpaduan ini mengambil prinsip-prinsip yang dianggap mewakili cita-cita semua golongan bangsa Indonesia yang memperjuangkan negara Indonesia merdeka, termasuk di dalamnya cita-cita umat Islam Indonesia.

Menurut teori ini, dalam merumuskan Pancasila, Soekarno telah berhasil memadukan aspirasi para pemimpin Islam ketika itu, yang berhasrat menjadikan Islam sebagai ideologi dan dasar negara, dengan cara memasukkan ke-Tuhan-an sebagai salah satu silanya.

Dalam ide pokok konsepsi ini, agaknya Pancasila ingin berdiri sebagai wakil kepercayaan seluruh umat beragama di negeri ini. Dalam perkembangan berikutnya, penguasa ingin mencari kepastian hukum atas keinginan tersebut, yang pada gilirannya melahirkan doktrin azas tunggal, dengan tujuan pokoknya “Mempancasilakan Umat Beragama”.

TEORI KEDUA menyatakan, Pancasila yang dikemukakan oleh beberapa orang pemimpin pergerakan Indonesia di dalam rapat BPUPKI dalam sidangnya pada bulan Juni 1945, adalah pengaruh dari kode moral ajaran Budha yang telah menjadi tuntunan dan tatanan hidup sehari-hari di dalam masyarakat, terutama masyarakat Jawa.

TEORI KETIGA menyatakan, Pancasila yang digagas oleh Mohamad Yamin, Soepomo,
dan Ir. Soekarno adalah kepanjangan dari doktrin zionis yang telah dipropagandakan oleh tokoh-tokoh freemasonry di Asia pada umumnya, dan Asia Tenggara pada khususnya.

Teori ketiga ini dikemukakan oleh Abdullah Patani dalam risalah kecil berjudul “Freemasonry di Asia Tenggara”. Untuk membuktikan kebenaran teorinya itu, Abdullah Patani telah menunjukkan adanya persamaan antara sila-sila Pancasila dengan Khams Qanun Zionis, dan azas-azas ideologi negara yang dikemukakan oleh Nehru di India, Dr. Sun Yat Sen di Cina, Pridi Banoyong di Thailand, dan Andres Bonivasio di Filipina.

Adanya persamaan sila-sila yang lima tersebut, Abdullah Patani menyimpulkan, bahwa hal tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sekedar persamaan gagasan secara kebetulan, melainkan pasti terdapat pengaruh kuat doktrin zionisme para tokoh-tokoh tersebut.

Soekarno dalam suatu pidato yang disampaikan di hadapan rapat BPUPKI (tanggal 1 Juni 1945) dengan terus terang mengakui bahwa ia terpengaruh oleh pemikiran Dr. Sun Yat Sen yang telah merumuskan dasar ideologinya dengan nama “San Min Chu I”. Soekarno juga mengakui, semasa berumur 16-17 tahun telah mendapat ajaran tentang paham internasionalisme dari seorang guru Belanda di Surabaya bernama A. Baars.

Abdullah Patani menyatakan, ideologi yang diambil oleh Dr. Sun Yat Sen berasal dari doktrin zionisme melalui gagasan Freemasonry Asia, dimana Sun Yat Sen termasuk anggotanya.

Soekarno pernah mengatakan, Pancasila merupakan dasar dan ideologi yang menampung semua aliran dan paham yang hidup di dalam masyarakat Indonesia. Namun Soekarno tidak menjelaskan bagaimana kongkritnya pelaksanaan sila-sila tersebut agar benar-benar dapat mewujudkan tatanan yang dikehendaki oleh masing-masing paham dan agama yang ada di Indonesia.

Soekarno jugaa sering melontarkan semboyan, bahwa semua agama itu sama, karena semua agama bertujuan mencapai kebaikan hidup. Semboyan itu, menurut Abdullah Patani, sama persis dengan doktrin freemasonry yang biasa disebut dengan floatisme.

Floatisme bertujuan mengambangkan keyakinan semua umat beragama, sehingga setiap pemeluk agama tidak boleh menyatakan keyakinannya secara khusus di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Setiap pemeluk agama harus mencari titik persamaan agar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak didominasi oleh satu ajaran agama tertentu saja.

Bukan hanya Soekarno yang menganut floatsime (doktrin freemasonry) juga Mr. Mohamad Yamin, Mr. Soepomo, bahkan Haji Agus Salim.

(Dikutip dari buku berjudul “Doktrin Zionisme dan Ideologi Pancasila”, Wihdah Press, Yogyakarta),

About these ads

54 Tanggapan to "ASAL-USUL PANCASILA"

Kawan…Jika kita orang berpikir kritis dan logis.
Pantaskah pancasila sebagai pedoman/pegangan Negara indonesia?.
Bisakah kita menilai mengapa bangsa ini makin hancur?
padahal dulu diajarkan Moral Pancasila.

Saya tidak mengatakan Pancasila Sebagai Boneka Mati!
Atau bentuk penghinaan lainnya.
Saya hanya mengajak anda berpikir kritis, pantaskah?
Kalau saya menghina Pancasila, Saya bisa dituntut dipenagdilan
dan dipenjara karena tidak mematuhi pancasila.

Saya sebagai warga negara ingin bertanya,
Mengapa Garuda di Salip? (Karena Yang disalippun orang berpaling kesamping).

Pantas! jika kita mampu memahami esensi dari Pancasila itu sendiri.. Memang pada faktanya ideologi kita sekarang mungkin seperti kapal yang timbul tenggelam diatas sebuah samudra kaum kapitalis. Tapi ingat, urusan pantas atau tidak pantas, adalah kita sendiri yang harus membopongnya! sebagai generasi muda Indonesia yang cerdas!

mengapa garuda di salib??
itu bukan lambang salib, tapi gambar garuda yang merentangkan sayap.. kenapa posisinya seperti itu?? karena untuk menunjukkan jumlah bulu leher, bulu sayap, bulu ekor sesuai dengan hari kemerdekaan indonesia 17-8-45

Pancasila sesungguhnya telah digagas berdasarkan pemikiran mendalam dari kepala para pendiri negeri ini.
Ideologi pancasila telah mencakup seluruh cita-cita bangsa dari semua golongan.
Sayangnya, dalam prakteknya sangat berbeda dengan maksud & tujuannya

saya minta izin ngambil artikelnya
buat tugas

boleh juga tapi kurang mendetail

MAAF SEBELUMNYA….
SAYA MW MINTA IZIN UNTUK MENGOPI ARTIKEL INI UNTUK TUGAS…

TRIMS..

ambiak lah sabanyak bnyak e
sampai abis pitih

aku minta ijin bwt kopy art. anda. mksih

izin minta copy artikelnya ya…..

ambiak lah sampai pnuah rumah

pancasila adalah ideologi sampah

Awalnya saya suka artikel ini ketika hanya membaca yg tersurat, tapi setelah membaca yg tersirat artikel ini trenyata hanya sebuah tulisan ‘sambil mengantuk,’ isinya adalah tidur dan mimpi. Tidak ada pesan yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk sebuah karya ilmiah. Penafsiran akan pancasilanya ngawur.com, pantasan negeri ini menjadi mabuk ketika penafsiran akan idiologinya keliru (baca:salah)/

kalau menurut saya pancasila itu sudah benar, kalaupun kita mau menganti idiologi itu takkan mudah sperti mencium siku kita sendiri, jdi yg prlu dikritik adlah bagaimana realisasi dan praktek yang terkandung dlam 5 sila itu. trimah ksih.

heh,,itu ciptaan foundgathers kita,tlng dijaga klo berbicara! Ada Bung Karno, Moh Hatta, Moh Yamin, dan tokoh2 kita lainnya disana! Jika Anda bisa menciptakan Ideologi sendiri, yang sekiranya bisa mensukseskan kita semua, Anda berhak berbicara seperti itu!

menurut saya pancasila bukan suatu yang dapat di jadikan pedoman bagi bangsa indonesia karna pancasila tidak mengandung pemahaman agama islam di situ hanya mengandung pemahaman komunisme

pancasila mencakup semua agama…saya tegaskan dlu sila pertama bukan keTuhanan Yang Maha Esa tetapi tentang sarekat islam,namun ada salah satu utusan dari salah satu pulau di Indonesia yang menentang tersebut trus katanya diganti menjadi keTuhanan Yang Maha Esa..kl anda pengen tahu mendalam mengenai Pancasia,pelajari lebih dalam Sejarahnya…

Setuju sekali dgN pndpt sdr Enggar. Jika Anda ingin berkomentar lebih banyak mengenai pancasila, pahami dulu sejarahnya!

kayaknya anda yg paling islami aja

tau tuh ngerasa bener sendiri, kalo dikasih masukkan paling emosi hahaha

masnya berfikir dari sudut satu agama… berfikirlah klo agama yg anda pluk adalah minoritas….

dalam membaca pancasila hendaknya jangan menggunakan egosentrisme agama, ras, bahasa, adat-istiadat dan lain sebagainya . kita hendaknya melihat dan mempelajarinya juga dari akar sejarah terbentuknya negara ini ditenggah pertarungan ideologi dunia pada saat itu. indonesia diawal kelahiranya dihimpit oleh dua ideologi besar dunia yaitu ideologi liberalisme (amerika dan sekutunya) dan ideologi sosialisme (unisoviet dan sekutunya) yang masing-masing penganut ideologi tersebut bersaing untuk menancapkan pengaruhnya diseluruh dunia.
pada intinya saat ini kita harus jeli dalam menganalisa siapa musuh negara indonesia yang sebenarnya. bahkan sekarang indoneia dihujani politik belah bambu yang sengaja diciptakan untuk memporakporandakan negara kesatuan republik indonesia. negara kita penuh kekayaan yang banyak menjadi bidikan negara-negara didunia. yang banyak melakukan diskriminasi bukan negara (menggunakan idedologi pancasila) tetapi praktisi hukm kita yang seringkali mengingkari pancasila dan uud 1945.
dalam pembukaan uud 1945 sudah jelas dinyatakan ” kemerdekaan adalah hak segala bangsa” yang nilainya dapat diinterpretasikan dalam segala bidang. kalau ada diskriminasi terhadap warganegara kita berhak menuntut secara hukum kepada pemerintah…

begitulah klo orang pikirannya sempit

copy copy copy

apa nic maksudnya

pancasila lahir pada kurun waktu penjajahan jepang kenapa tidak

pada zaman penjajahan belanda

Pancasila zaman Belanda bukan Zaman Jepang…coba anda pelajari Sejarah…lahirnya pancasila tanggal dan tahun brapa?

Pancasila zaman Belanda bukan Zaman Jepang…coba anda pelajari Sejarah…pemikiran tentang pancasila itu udah pada Zaman Belanda,namun keluarnya bru tanggal 1 juni 1945…pelajarilah Sejarah Pancasila kl mau mendalam

menarik atas ide dasar di atas…. mohon izin dijadikan bahan diskusi

mas copy u/ tugas ya…

Indonesia akhir2 nie mulai hancur,
tuh bukan karena PANCASILA tp karna tidak adanya satu pasang kejujuran dari pemimpin dan yg dipimpin.
Jadi jangan nyalakan pancasila doooonk!

Siipp,,setuju2! Elit2 kita yg sukax WARKOP di instansi2 pmrnthan sbnrx yg sngat brtnggung jawab atas hal ini,,,

copy buat tugas boleeeeeeh ?

wah ikutan jg dech ngopy art’a wat tugaz jg

Pancasila adalah suatu yg sgt Luar Biasa, dan sbg Warga Negara Indonesia tentunya kita harus menghormati dan mengamalkan Pancasila sbg pedoman berbangsa n bernegara.
Dan perlu di garis bawahi bhw Pancasila tdk melarang kita utk beragama nmn justru mengharuskan.
Dan klupun dlm penyelenggaraan Negara ada yg kurang beres,
itu justru d sebabkan ke-alpa-an dlm melaksanakan amanat Pancasila,
bukan krn pelaksanaan yg benar thdp Pancasila itu sendiri.
Trmksh.

boleh tu…
inyong njalok yoo..

dasar-dasar UUD di negeri kita saat ini sangat memprihatinkan

kenapa semboyan2 yang di pake di indonesia kebanyakan bahasa sansekerta termasuk pancasila sendiri kenapa tidak memakai bahasa indonesia apa itu masuk ke sila ke 3

karena dulu yang mempersatukan kita adalah pada jaman kerajaan…dan bahasa sangsekerta tersebut diambil dari kitab kertasoma,pada zaman empu sendok

terima kasih sharenya,sangat berbobot.
sekalian saya mohon izin untuk mengkopi sebagian artikel anda.terima kasih..

Walaupun Pancasila sudah berdiri tegak kenapa Supremasi Hukum di Indonesi masih Belum Benar.

KARENA supremasi huku dinegara kita masih mengutamakan golonganya masing2 bukan apa yang seharusnya dilakukan sebagai pengemban amanah negara

Klo mnrtq sih,karna Elit2x kita aja yg masih suka WARKOP di instnsi2 pmrnthan, shrsnya sbg sosok2 pemimpin mereka mampu meneladankan sebuah KEJUJURAN kpd rkytx. Dan andai saja mereka smw, baik dari elit ataupun rakyat ngerti esensi pancasila, pasti supremasi hukum berjalan lancar.

pasncasila itu berasal dari buton(pusat bumi) soekarno mengambil dari kesultanan buton, karena soekarno berdarah asli buton, baca asal usul pancasilah dr buton

minta ijin copy artikel buat tugas ya..

mas/mba saya ingin memohon izin untuk mengcopy artikel ini pada blog saya, msalah sumber pasti saya cantumkan.
trimakasih atas waktunya.

lembaga apa ya yg ,,
merancang pancasila dan UUD smpai skrng ?

yang merancang bukan lembaga mbak, tapi badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan indonesia (BPUPKI)

pancasila adalah pondasi bangsa ini,kalo bangsa ini tidak mengaplikasikan pancasila bangsa ini akan binasa,

kita sebagai umat islam se-indonesia seharusnya tidak pantasnya kita itu menjadikan pancasila sebagai dasar & tujuan berbngsa & bernegara kita, karna kenapa, karna asas-asas pancasila sendiri di adopsi dari kitabnya orang yahudi dan di indonesia pun tidak perna mengakui adanya ajaran yahudi di indonesia, tapi kenapa paham yahudi harus di jadi kan sebagai dasar kita ????

apa buktinya??
bisa ga tunjukkan??

kalau mau berikan informasi tunjukkan referensinya mas, apa mau jadi penyebar hoax??

Istilah Pancasila secara akar kata mengacu pada istilah “Pancasilakrama” yang sudah ada paling tidak di beberapa kitab kuno, seperti Sutasoma atau Purusadanta dan Negarakertagama, juga beberapa kitab lain.

Dalam buku Sutasoma atau Purusadasanta karya Empu Tantular itu terdapat istilah Pancasila yang diartikan sebagai pelaksanaan kesusilaan yang lima (Pancasila Krama), yaitu: (1) Tidak boleh melakukan kekerasan (2) Tidak boleh mencuri (3) Tidak boleh berwatak dengki (4) Tidak boleh berbohong (5) Tidak boleh mabuk minuman keras.

Dalam buku Negarakertagama karya Empu Prapanca istilah Pancasila dituliskan “Yatnanggegwani Pancasyiila Kertasangskarbhisekaka Krama” yang artinya Raja menjalankan ke lima pantangan (Pancasila) dengan setia.

Bahkan, dalam Kitab Tri Pitaka Pancasila diartikan sebagai 5 aturan kesusilaan yang dipatuhi dan dilaksanakan oleh seluruh penganut agama Buddha. Dalam Kitab Vinaya Pitaka, yang merupakan salah satu bagian dari Kitab Tri Pitaka, disebut ada 5 pantangan atau 5 larangan yang wajib dihindari oleh setiap pemeluk Budha, yaitu: menghindari pembunuhan, menghindari pencurian, menghindari perzinaan, menghindari kebohongan, menghindari makanan dan minuman yang memabukkan yang menyebabkan ketagihan.

minta ijin ambil artikel buat anak pelajaran di sekolah,mkasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 406,829 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: