Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

Tips sehat, segar & bebas bau mulut selama berpuasa

Posted on: Juni 28, 2007

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan yang disebut juga bulan puasa. Pada bulan Ramadhan ini, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai tenggelam matahari.Banyak yang menggunakan alasan tubuh lemas karena kurang makan sehingga berakibat terhadap menurunnya produktivitas kerja sehari-hari. Dengan alasan tersebut, kemudian timbul perilaku tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa.
Agar tidak lemas, timbul kebiasaan makan sahur yang banyak dilanjutkan dengan makan berlebihan saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai tidak berolahraga. Akibatnya, tanpa disadari berat badan terus meningkat dan kondisi tubuh menjadi kurang fit.

SEHAT & SEGAR

Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat, perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa.

Pada saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa.

Berikut ini beberapa tips khusus saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh kita tetap sehat dan segar selama bulan puasa sehingga terhindar dari kebiasaan yang kurang sehat:

Saat Sahur:

  • Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  • Agar Anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.
  • Upayakan untuk mencegah dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau ruang ber-AC.
  • Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.
  • Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.
  • Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.
  • Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

Saat Berbuka:

  • Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.
  • Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.
  • Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak “kaget”. Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.
  • Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tar, es krim. “Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.”
  • Sedang bagi mereka yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).
  • Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.
  • Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

BEBAS BAU MULUT

Berpuasa berarti tidak ada asupan melalui mulut sehingga tidak jarang malah menyebabkan bau mulut. Bau mulut selama berpuasa memang terasa agak mengganggu. Apalagi ketika pekerjaan kita mengharuskan berinteraksi dengan orang banyak, kita pasti tidak mau ada rasa canggung karena bau mulut.

Jika kita tahu cara menyiasatinya, ternyata kita bisa menjalankan puasa tanpa bau mulut. Sebaiknya periksakan gigi secara teratur untuk membersihkan plak/karang gigi dan menjaga kesehatan gusi, sehingga selama berpuasa tidak akan terganggu oleh masalah mulut dan gigi.

Berikut ini beberapa tips agar terbebas dari bau mulut. Ayo kita coba dan buktikan!

  1. Hindari menyantap hidangan yang beraroma ‘aduhai’ seperti petai, jengkol, bawang mentah pada saat bersantap sahur.
  2. Selesai makan sahur, minum air putih banyak-banyak.
  3. Menggosok gigi dan menyikat lidah setelah makan dan menjelang tidur. Permukaan lidah yang tak rata memungkinkan adanya sisa makanan tersangkut di sana.
  4. Berkumur dengan larutan khusus (antiseptik) untuk menghilangkan bau mulut.
  5. Di lingkungan keluarga Arab ada kebiasan mengunyah sejumput adas manis sehabis makan. Setelah dikunyah dan disisip airnya, ampasnya dibuang. Aroma adas manis yang harumnya mirip aroma obat batuk benar-benar ‘pencuci mulut’ yang bisa diandalkan saat puasa.
  6. Sahur dengan menu sayuran tumis atau sayur bening dan ditutup dengan semangkuk buah segar.
  7. Air rebusan daun sirih dapat digunakan untuk berkumur setelah makan sahur. Air rebusan sirih berfungsi sebagai antibakteri penyebab bau mulut.
About these ads

25 Tanggapan to "Tips sehat, segar & bebas bau mulut selama berpuasa"

syukran… bagus jg bwt referensi buletin!!

ok jg akan saya coba ikuti deh saran n tips x

tar aq coba dech biar ga bau mulut…
kan bentar lg mo puasa????
yayayay… mudah2 han bisa dech?
coz aq agak ga pd klo lg bicara
thnx yach….

wah…..bagus mas tips2 nya….lumayan. lebih ilmiah sesuai dengan
kebutuhan orang saat ini. tapi yang jelas tidak meninggalkan aturan syariat…

suwon….

duchhhh,,,,,
bagus banget niCh tIps_y !! menurut aQ msalah yang paling utama dlm berpuasa yaitu Bau Mulut !! cZ aQ sering interaksi dgN bnyak orng !! jd agag ga pD gT !!
tapi tIps nE mO aQ cobain dEch !! moga Z sukses…..
Amien,,,,,,,,

siiip…tapi perlu ditengok ke dalam apakah gigi kita berlubang alis bolong ?? Nah…mungkin itu faktor utama penyebab bau mulut. Teman-teman…http://www.qvida.co.id/webqvida/index.php/health tersedia tips bagus seputar kesehatan dan anti aging. Sangat menarik untuk disimak.

yaaa lumayan bagus,tak coba ya!!!!

boleh jg ne..ntar dech dic0ba!

ntr gw coba deh tips nya

oke jg
tp adas tu apa ya????????????
trus kata orng klo saur dg sesuatu y berbahan su2 ato keju tu bs menyebabkan bau mulut ya????????????

bagi gw cih itu bukan masalah..! (bagi gw) tp boleh di coba tuch..,
y6 jd masalah bagi gw selama berpuasa, gw selalu meludah terus entah apa penyebabnya..,,
bagi yang tahu tipsnya kasih tw yups…!

Ok deh…aku coba tipsnya,pantesan aku ga gemuk2,aku senang banget daun singkong dan daun pepaya,mulai saat ini pasti akan aku kurangi…makasih…….

saya copas artikelnya ya?
thx

Alhamdulilah,, tips yg menarik :)

apalagi masalah besar ( menurutQ >.< ) : bau mulut yg sering mengganggu kala saedang berpuasa.

th'x..
u,u

keren tipsnya…
bisa share ma tmen2 ni.. :D

bsa uga ntu tipss
ntar aq cba dech..

semoga puasanya berkah…

emmmmmmmm saya ak cba deh???

Wah” bagus and sangat bermanfaat tuch tips nya, sya coba dech thnks ya….

Gimana tips biar bdan kurus jadi gak jirus,,?

bagus tuh tips nya mumpung lagi ramadan nih.

http://catatanmbakhanum.blogspot.com/

gan tips buat agar tdk meludah mlu pada bln puasa bagaimana

posting yang bagus, dapat menambah wawasan saya. kalo ada waktu mampir yuk ke blog saya

http://hoshikanoshi.blog.stisitelkom.ac.id/

ditunggu ya ^^

Halo Admin lawalangy.wordpress.com,

Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

Anda bisa menampilkan link Vemale.com di lawalangy.wordpress.com
Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan

Dan kami akan menampilkan link lawalangy.wordpress.com di halaman Vemale.com: http://www.vemale.com/kesehatan/

Terima kasih atas kerjasamanya :)

— Humas Vemale.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Top Clicks

  • Tidak ada

Blog Stats

  • 412,121 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: