Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

MEMUTIHKAN GIGI? LAKUKAN SAJA DIRUMAH

Posted on: Juni 25, 2007

MEMUTIHKAN GIGI, BISA DILAKUKAN DI RUMAH

KLIK - DetailGigi putih tentu menjadi dambaan setiap orang. Kini, ada beragam cara untuk membuat gigi menjadi lebih putih.Gigi sehat dan indah biasanya diidentikkan dengan gigi putih yang bersih dan cemerlang. Sayangnya, karena makanan, minuman dan perawatan yang salah, gigi bak mutiara itu sulit dimiliki. Namun, teknologi kedokteran gigi sekarang sudah dapat mengatasinya. Mau cara instan atau yang memakan waktu? Anda tinggal pilih.

Lantaran kebiasaannya merokok, warna gigi Panca jadi agak keruh. Meski sudah menghentikan kebiasaan merokok dan mencoba pasta gigi yang mengandung pemutih, giginya tetap saja berwarna keruh. “Saya jadi enggak pe-de kalau tersenyum,” aku Panca. Problema Panca mirip yang dialami Anne. Saat masih kecil, Anne sering sakit, sehingga harus rutin menelan antibiotik. Di zamannya dulu, antibiotik yang diberikan mengandung tetrasiklin. Akibatnya, setelah sekian lama mengonsumsi, gigi-gigi Anne pun berubah warna jadi keabuan. “Saya jadi malas tersenyum. Akibatnya, orang sering menyangka saya sombong dan nggak ramah. Tuduhan ini seringkali membuat saya merasa tertekan,” runtuk Anne.
Rasa minder lantaran gigi tak berwarna cemerlang memang banyak dialami orang-orang. Akibatnya, tak hanya membuat mereka enggan tersenyum, bicara pun seringkali enggan. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyembunyikan “mutiara” yang kusam itu. Misalnya dengan menutup mulut dengan telapak tangan atau saputangan saat tersenyum atau berbicara.
Selain karena makanan, obat atau rokok yang dikonsumsi manusia, gigi juga bisa berubah warna lantaran perawatan yang kurang baik sehingga menyebabkan plak menimbun di permukaan gigi dan akan mengubah warna gigi. Berikut penjelasan Drg. Lita Darmawan dari Klinik Kharinta, Bintaro, tentang cara memutihkan gigi.

KLIK - DetailTIGA CARA PUTIHKAN GIGI
Mau cepat atau lama? Proses pemutihan gigi bisa Anda pilih sesuai isi kantong dan kebutuhan. Cara paling umum yang dipilih untuk memutihkan gigi biasanya dengan gel. Namun, bisa juga dengan bantuan sinar laser atau selotip pemutih gigi.

1. Pemutihan dengan Gel
Pemutihan dengan menggunakan gel merupakan pemutihan yang bisa dilakukan di rumah. Yang harus dilakukan pasien sebelum melakukan pemutihan adalah memeriksakan gigi pada dokter untuk dilihat keadaannya. Jika ia memiliki gigi berlubang, maka gigi-gigi tersebut akan ditambal lebih dulu untuk menghindari iritasi. Gel yang masuk ke dalam sela gigi dan gusi akan menyebabkan rasa linu yang cukup berat.
Setelah penambalan dilakukan, dokter pun kemudian akan mencetak gigi. Ini berguna saat pembuatan sampel tray (wadah) gigi di laboratorium. Setelah beberapa hari, tray akan siap dan pelaksanaan kosmetik gigi dengan menggunakan gel bisa dilakukan di rumah.
Cara memutihkannya adalah sebagai berikut: oleskan gel pemutih pada tray, lalu pasang tray pada gigi, lantas ditekan untuk mengeluarkan kelebihan gel agar tidak belepotan di gusi. Kelebihan gel tadi dibersihkan dengan menggunakan cotton bud. “Pemutihan dilakukan selama tidur malam. Saat bangun pagi, tray baru bisa dilepas, setelah itu gosok gigi dan bersihkan tray-nya,” kata Lita. Selama gigi tidak mengalami masalah, seperti tanggal atau lainnya, maka masih bisa digunakan. Jika dilakukan selama tiga hari berturut-turut, maka gigi putih yang diidamkan pun akan segera dimiliki.
Sebagai catatan, jika rasa ngilu muncul akibat perawatan ini, sebaiknya pemutihan gigi dihentikan dua tau tiga hari sampai rasa ngilu tidak lagi terasa. “Kemudian untuk melihat perubahan dengan jelas, lakukan pemutihan gigi hanya pada bagian rahang atas atau bawah lebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa melihat perbedaan antara sesudah dan sebelum perawatan,” ujar Lita. Biaya satu paket perawatan gigi dengan gel ini berkisar Rp. 1,5 – 2 juta. Oh ya, pasien juga boleh memilih rasa gelnya, mau rasa mint, pisang atau lainnya.

2. Pemutihan dengan Laser
Pemutihan dengan cara ini biasanya dilakukan untuk kasus yang cukup parah. “Tidak seperti gel, kosmetik gigi ini harus dilakukan di klinik dengan bantuan dokter gigi. Ini disebabkan kandungan pemutih giginya lebih tinggi – sampai 35 mili, sementara komposisi dalam gel pemutih hanya 10 –15 mili, sehingga jika tidak dilakukan dengan hati-hati, maka akan mengakibatkan rasa ngilu yang cukup berat,” kata Lita. Karena bisa mengakibatkan iritasi pada gusi, maka dokter biasanya akan memberikan pengamanan terlebih dahulu pada gusi.
Setelah itu, pada proses pemutihannya, gusi akan disinari dengan sinar yang cukup tinggi, kemudian dibilas dan disinari lagi. Perubahan akan terlihat hanya dalam waktu 0,5 – 1 jam. Untuk hasil yang baik, pasien harus melakukan perawatan gigi seperti biasa dengan baik, misalnya teratur menggosok gigi.

3. Pemutihan dengan selotip pemutih
Ini adalah pemutihan gigi paling cepat, hanya butuh waktu setengah jam. Tetapi, hasilnya tidak awet. Jika pemutihan lain bisa bertahan 3 tahun, dengan selotip hanya bertahan beberapa hari saja. Pada proses pemutihannya, selotip pemutih ditempelkan pada gigi selama setengah jam. Dan setelah dilepaskan, gigi akan tampak menjadi lebih putih. Cara ini juga merupakan cara sekali pakai.
Jika pada kesempatan lain warna gigi sudah berubah, pemasangan selotip bisa digunakan kembali. Biasanya, satu paket selotip pemutih memiliki masa kadaluarsa dua tahun. “Harga satu paket selostip cukup mahal, yaitu Rp 750 – 1 juta.”

KLIK - DetailSEPUTIH APA GIGI ANDA?
Saat sedang bercermin, Anda mungkin baru menyadari betapa warna gigi Anda kurang cerah. Dalam kedokteran gigi, putihnya gigi memiliki kelas tertentu. Ada empat tingkatan warna gigi, yakni A, B, C, dan D. “Gigi di kelas A merupakan gigi dengan warna kekuningan. Kelas B merupakan gigi putih, C kategori keabuan dan D adalah gigi kecokelatan,” papar Lita. Orang Eropa biasanya memiliki gigi putih kategori A, sedangkan keturunan Asia masuk dalam kategori A. Gigi keabu-abuan biasanya dimiliki oleh orang yang terlalu banyak mengonsumsi obat antibiotik.
Setiap kelas terdiri dari 5 tingkatan. Dokter gigi akan menentukan dimana letak kelas gigi Anda. Jika Anda berada di tingkat A2, maka dengan menaikkan dua strip saja ke A4, gigi Anda akan terlihat lebih putih. Proses pemutihannya sendiri hanya memakan waktu sebentar. Tetapi untuk kasus yang cukup parah, misalnya orang dengan gigi keabu-abuan akibat antibiotik, dibutuhkan perawatan kosmetik gigi yang lebih lama.
>>>


KLIK - Detail ANAK KECIL BELUM BOLEH
Sebelum melakukan pemutihan gigi, dokter biasanya akan mengajak Anda berbincang tentang sejarah gigi Anda. Kasus gigi kusam sangat beraneka ragam. Selain gigi yang kusam banyak, gigi tidak cerah warnanya bisa juga terjadi hanya pada satu gigi saja. Pada pasien yang mengalami perawatan crown (penjaketan gigi) biasanya juga butuh pemutihan gigi.
Lihatlah Dian. Sewaktu kecil, ia pernah terjatuh. Giginya terbentur cukup keras, sehingga menyebabkan saraf-saraf giginya mengalami kerusakan. Dokter pun lantas mengangkat sarafnya dan mempertahankan giginya. Dalam hal ini, gigi Dian sudah dianggap mati. Gigi seperti ini biasanya akan berubah warnanya, menjadi lebih kusam dari yang lain. Meski demikian, gigi seperti ini masih tetap bisa diputihkan. Cara pemutihannya agak berbeda dengan pemutihan gigi secara keseluruhan. Pemutihan gigi mati tidak dilakukan di permukaan gigi. Gel akan dimasukkan dari dalam gigi.
Jika seseorang melakukan penjaketan gigi, biasanya setelah penjaketan, warna gigi yang dijaketi akan berbeda dengan yang tidak diselongsongi. Maka itu, sebelum dilakukan penjaketan, dokter biasanya akan memutihkan gigi pasien lebih dulu. Biasanya, gigi yang dilapisi tidak akan berubah warna, karena terbuat dari keramik. Dokter akan melakukan penjaketan biasanya dua minggu setelah pemutihan gigi.
Pemutihan gigi tidak dilakukan pada anak-anak, karena anak-anak memiliki ruang gigi yang masih cukup lebar, sehingga semakin lebar ruang gigi semakin rentan terjadinya iritasi dan rasa linu. Biasanya, pemutihan dilakukan pada orang yang berusia lebih dari 15 tahun dimana keadaan giginya sudah mapan.
Pemutihan dilakukan hanya sampai batas sudut senyum. Gigi bagian belakang biasanya tidak diputihkan, karena tidak terlalu penting pengaruhnya terhadap estetika gigi. Sebagai catatan, biasakan menggunakan pasta gigi yang mengandung pemutih agar gigi tetap terawat dan berwarna cemerlang. Namun harus pula diingat, pasta dengan pemutih tidak membuat bisa membuat gigi lebih putih satu atau dua strip, tapi hanya sekedar mempertahankan warna putih gigi yang sudah dimiliki.

72 Tanggapan to "MEMUTIHKAN GIGI? LAKUKAN SAJA DIRUMAH"

saya punya masalah dengan gigi kuning sehingga kalau tersenyum saya merasa kurang percaya diri.saya ingin melakukan pemutihan gigi,tetapi saya takut biayanya mahal dan tidak sesuai dengan kocek saya,apalagi saya seorang mahasiswa yang masih bergantung pada orang tua.yang ingin tanyakan,adakah biaya pemutihan gigi yang murah dan bagus?(budget di bawah Rp 500.000)?

cuci gigi anda 3 kali sehari,itu pada pendapat saya kerana saya juga pernah jadi seperti itu……..

ambil garam halus ,,, then mixed it with colgate … kemudian gosok seperti biasa … insyaallah ,,, kekuningan pada gigi akan brkurangan… :)

ambil soda bicarbonate 1 sudu kecil pastu perahkan lemon. tunggu sampai hiang buih .. then kacaukan ..kemudian ambil 1 sudu kecil lagi soda bicarbonate tu.. pastu gosoklah gigi anda… buat 2 kali seminggu..

sy cuci ggi 3 kali tp kuning jg..

gigi atas saya agak maju dan gigi bawah saya renggang karna dicabut sewaktu saya kecil,alasan si dokter,karna gigi susu saya gak ada penggantinya oleh karna itu dicabut sehingga bisa dirapatkan,dan warna gigi saya sangat kusam karna sewaktu kecil saya sering mengkonsumsi antibiotik.
saya sudah lama sekali tidak ke dokter gigi,saat ini saya ingin sekali merawat dan merapihkan kembali gigi saya.
pertanyaan saya,berapa lama kah waktu yang diperlukan untuk membuat gigi saya rata dan rapih kembali,jika memang harus memakai behel bisakah di cicil,dan saya minta rekomendasi tempat prakteknya yang bisa dicicil !

TERIMA KASIH

kasus saya sama seperti cerita diatas, gigi saya berwarna keabu-abuan karena sejak kecil saya mengkonsumsi antibiotik. mohon bantuannya apa obat yang bisa memutihkannya budget di bawah 1jt…. klo bisa tahan lama..karena saya malu untuk tersenyum.

saya memang pengguna atau pemakai rokok aktif sejak kelas 6 SD sampai sekarang, sekarang di sela-sela gigi saya terdapat plak yg tidak dapat hilang selama ini. saya mencoba menyikat gigi 2x sehari dengan 1x sikat gigi 5 menit, seperti biasanya. kemudian saya coba dengan 1x sikat gigi 10-15 menit, hasilnya gigi saya lumayan putih, tetapi kebiasaan sikat gigi 1x/ 15 menit sangat menyita waktu saya,
saya butuh informasi bagaimana cara terbaik, termurah dan terefisien dalam menjaga keputih gigi
nb: gigi putih dambaan semua orang, sekian dulu dan terima kasih atas informasinya

makanya gosok gigi bro……………

MUNGKIN PASTA GIGI untuk perokok sudah banyak beredar, anda dapat mencoba pasta2 trsbut, apalagi harganya yg tdk terlalu mahal.

warna gigi crown yang berubah bole atau tidak diputihkan? saya ada seorang adik yang sudah pasang crown pada gig hadapan. masalahnya warna gigi crown itu berubah. apakah ada cara untuk mengatasi masalah ini??????????

Gigi saya brwarna kekuning kuningan,pelak2nya juga ada,disela-sela.padahal saya selalu gosok gigi,tapi tetep aja gto.gusi saya juga bermasalah,stiap sikat gigi pasti berdarah.apa saya ada penyakit?

pergi jumpa doktor yee..

ambil 1 sudu kecil soda bicarbonate, terus ambil lemon, perahkan ia.. tunggu sebentar sampe hilang buihnya. terus, ambil 1 sudu lagi . Gaulkan.. dan gosoklah gigi anda.. guna cara ini 2 kali seminggu..

maksud dari sudu itu apa ya? dan soda bicarbonate beli dmn

Begini,Gigi saya brwarna kekuning- kuningan,putinya tidak merata,pelak2nya juga ada,disela-sela.padahal saya selalu gosok gigi,tapi tetep aja gto.gusi saya juga bermasalah,stiap sikat gigi pasti berdarah.apa saya ada penyakit?

dimanakah saya dapat gel pemutih seperti yg disebutkan diatas(cara memutihkan gigi yg NO 1)?dan tray na?terimakasih

disini ada jualnya oia ada yang murah buat mutihin gigi harganya cuma 15000,,, itu sejenis sikat yang ampuh dan banyak terjual di warung dan bengkel2 nmanya “SIKAT KAWAT” dijamin pasti putih percaya deh,,,,,

ini benerak kagak ya???

itu sh bukan putihin gigi tp itu merusak gigi

wohahahahhahahha
ancur ancur tuh gigi hahhaha bukan putih mlah darahan

gigi saya kuning akibat tetrasiklin…
saya pengen tau, gimana cara mengatasi gigi kuning saya akibat tetrasiklin?

bagaimana cara memutihkan gigi secara alami tapi efektif karena saya pernah mencoba berbagai cara tapi tetap tidak ada perubahan,,gigi saya berwarna kuning dan lumayan parah..tolong jawabanya..trims

sering makan buah apel… tapi jangan di jus

dmn tempatnya???klw di pontianak ada ga?

Pengen gigi putih gmana si cara’y??

kalo biaya pake cara laser berapa biayanya ya…?
trus dimana aja tedapat tempatnya di kaltim khususnya.
thank’s.

wah,, kalo pake yg alami gimana ya??
saya kurang tahu cara memutihkan gigi yang benar2 efektif, karena yang saya tahu hanya cara mendapatkan uang di internet dari web dan blog. bahkan seorang pemula dan awam pun bisa asal tahu caranya.

jadi menurut dokter apa yang bagus untuk memutihkan gigi, apakah laser, gel atau apa..?

trims

mcm mna mau g putih gigi yg kkuningan sjak kecil ya??gue jadi malu m0 tersenyum di hdpan teman2..

Mm..kt ny sih bs pake stoberi d oleskan d gi2..

saya punya masalah dengan gigi kuning sehingga kalau tersenyum saya merasa kurang percaya diri.saya ingin melakukan pemutihan gigi,tetapi saya takut biayanya mahal dan tidak sesuai dengan kocek saya,apalagi saya seorang mahasiswa yang masih bergantung pada orang tua.yang ingin tanyakan,adakah biaya pemutihan gigi yang murah dan bagus?(budget di bawah Rp 500.000)?

saya punya masalah dengan gigi kuning yg sdh tergolong ckup parah krn dr kcil sy sring mnum kopi n teh tnp sikat gigi dgn teratur jd kalau tersenyum saya merasa kurang percaya diri.saya ingin melakukan pemutihan gigi,tetapi saya takut biayanya mahal dan tidak sesuai dengan kocek saya,apalagi saya seorang karyawan dgn gaji pas2n.yang ingin tanyakan,adakah biaya pemutihan gigi yang murah dan bagus?(budget di bawah Rp 500.000)?

pakai sikat kawat di jamin ampuhhhhhh,,,,,,,

woi gigi g kuning.. malu g

gigi w kuning, padahal w sikat gigi teratur, di mana belinya gel pemutuihnya..?

setiap kali w gosok gigi pinggir2 bibir w ngelupas gitu yah kenapa? apa pasta nya gak cocok pa gimana yah?

sy mmilki problem dgn gigi,
d wktu kcil sy sring sakit”an shg mnybabkn sy trllu banyak mngkomsumsi zat antibiotik…krn hal itu mngakibtkn gigi sy b’wrna keruh ‘n ckup serius…
sy ingin tau dmna t4_ trutma d daerah LUBUK PAKAM, MEDAN ‘n brpa biaya utk prwtan laser ( tpi sy b’hrp biaya_a
d bwh 1 juta)

Terima kasih atas tipsnya. akan saya coba.

bagaimana cara memutihan gigi dgn mengunakan laser dan berapa biayanya?

saya ingin memutihkan gigi2 saya tapi saya ingin cara yang alami tapi berkhasiat tolong jawab :)
trims,

klo gigi sudah berwarna keruh akibat nikotin apakah bisa kembali putih seperti asalnya?

trims

hihihihi..sebenarnya ini lucu n ndesoo, tp saya di ajari tmn
yang dia perokok berat.giginya kuning malah klo di ejek tmn-tmn bukan kuning lg tp hijau berlumut..hahahaha
tp seminggu setelah di ejek tmn, dia kembali dgn senyum yg PeDe,cz Giginya agak bersih wlw ga putih2 amat..
PAs di tanya pake apa lu??

Dia jwb kembali ke jaman jepang pake batu bata yang di tumbuk di aluskan,,di buat campuran gosok gigi + pasta gigi..
agak lumayan tuh,,tp hati2 n pelan2 cz bisa bikin lecet gusi klo ga pelan2..

hihhiii.selamat mencoba…

bner apah ? wkakakka

bner kok..
ktanya orang jaman dulu suka gitu..

Wedewww..
Tips2nya menarik semua.
Perlu dijajal and dipraktekan nih. Good Job

sy ada masalah dgn gigi sy yg agak gak rapi,,sy ingin merapikan gigi sy dgn behel..ada info gak tmpt pmasangan behel muarah di sampit kalteng..klo ada cabang praktek dsini..iinfo ya tmn”..aq tnggu di emailq..

untuk gigi yang bila di sikat mudah berdarah sebaikny lakukan pembersihan karang gigi, karena biasanya aa karang gigi yang menumpuk. cara mengtasinya gunakan lah betadine kumur tiap habis kali sikat gigi.

Saya bingung dengan gigi saya.Gigi saya itu berwarna kuning.Padahal saya sangat rajin menggosok gigi.Setelah gosok gigi,gigi saya keliatan agak lebih bersih..tp dalam waktu kurang 1 jam,gigi saya berubah jadi kuning.Saya jadi gak percaya diri.Kenapa ya? apa itu karna efek air ludah ato gimana? mohon solusinya…
trimakasih

pernah sih dl,gigi q jg gk pth krn wkt kcil maless gsk gigi. trs tk cb gosokin ma abu kayu. lumayan ptih skrg,tp ttp yg terpenting perawatane :gsk gigi yang teratur.

Untuk gigi kuning di coba jha gosokkin dengan soda kue,,,,,,,,,,,,,

terimakasih untuk informasi dan tips nya ya

..kalau kita gunakan lemon..boleh ke memutikan gigi kita..

kalau menurut saya plak di gigi bisa dikurangi dengan bergantian memakai gigi saat mengunyah makanan. Biasanya bagian gigi yg jarang dipakai mengunyah akan timbul plak..

kalau menurut saya tidak masalah pergantian memakei gigi saat mengunyah makanan.masalahnya karena tidak membersihkan gigi dengan baik makanya makanya timbul flek pada gigi.

Gigi saya yang bagian bawah sudah rapi, kecuali gigi bagian atas ga rapi, ada yg ke dalam…

Bagimana cranya agar gigi atas saya rapi? Mohon sarannya ya…
Sebelumnya saya ucpkan trima kasih…

Gigi saya yang bagian bawah sudah rapi, kecuali gigi bagian atas ga rapi, ada yg ke dalam…jadi minder mau tertawa

Bagimana cranya agar gigi atas saya rapi? Mohon sarannya ya…
Sebelumnya saya ucpkan trima kasih…

gigi saya berlubang”/keropos, saya ingin memutihkan plak” hitam pada lubang gigi saya,,, saya jga ingin mncoba bleaching tapi masalahnya saya takut rasa linu,,, ada gak ya bleching gigi tanpa linu”???

pemutihan gigi tidak menguras kantong ?

I’m 13 years old. I want to know that can I use the tips above. Is it danger for me if I do it?

I think u sh0uld ask y0ur parents ab0ut it…4 me,it n0t be danger….it go0dz 4 u 2 take care y0ur teeth fr0m n0w…..

gigi saya berwarna kuning, dan banyak gigi yang berlobang,saya tidak merawat gigi saya dengan baik sewaktu kecil, apakah masih ada kemungkinan untuk mendapatkan gigi yang putih?bila ada sebaiknya menggunakan metode pemutih gigi yang seperti apa?terima kasih

pasti mahallllllllllllllllllllllllllllllll

pasti mahallllllll yahhhhhhh

Pa setiap spesialis gigi bs mutih’n gigi

memutihkan gigi yang disebabkan krn keturunan,,caranya gimana…???

gue she terkdg lht gigi gw putih.tp kdg jg eg,ko bs yha…?

Gigi saya kuning akibat waktu kecil makan jambu biji dan biji nya itu membuat gigi saya bolong dan lama2 gigi saya kuning.
Gimana cara mutihin gigi yg bener2 bisa putih?

cara paling cepat diputihkan di dokter gigi, hehe, tapi kalo sama agak takut karena alatnya lumayan menakutkan untuk memutihkan gigi saya biasanya menggunakan produk pemutih gigi ini, beberapa teman saya juga cocok

Tinggalkan Balasan

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 396,730 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

