Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

CEGAH KANKER DENGAN MULUT BERSIH

Posted on: Juni 13, 2007

Sebanyak 1% dari penduduk Indonesia menderita kanker mulut (oral cancer). Itu artinya sekitar 2 juta penduduk terkena penyakit tersebut. Faktor utama penyebab kanker mulut ini sudah pasti karena kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Padahal, faktor genetika masyarakat Indonesia berisiko besar terkena beragam penyakit gigi dan mulut. Menurut Wakil Dekan IV Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Tri Erri Astoeti, umumnya keluhan penyakit gigi yang sering dialami masyarakat Indonesia adalah gigi berlubang dan penyakit jaringan penyangga gigi.

Hal tersebut karena 40% jenis genetika gigi orang Indonesia yang bertipe gigi berjejal. Misalnya saja, karena tekstur gigi geraham ayah yang besar dan geraham ibu yang kecil, maka membuat tekstur gigi anaknya menjadi bertumpuk atau yang biasa disebut gingsul.

Kanker mulut, menurut Tri, disebabkan ketidakbersihan mulut dan gigi, sehingga membuat kuman yang berjangkit lama-lama menjadi jamur dan akhirnya berkembang menjadi kanker.

Selain karena kurangnya kebersihan mulut, kanker mulut juga disebabkan oleh kebiasaan merokok, mengasup makanan yang tidak sehat (siap saji) serta pemakaian obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang panjang.

Gejala yang biasanya muncul dari kanker mulut ini adalah terjadinya luka pada gusi atau sariawan dalam jangka waktu yang panjang, yakni lebih dari satu minggu sampai dengan satu bulan.

Luka yang awalnya seperti sariawan biasa ini, lama kelamaan akan menggerogoti seluruh jaringan dalam mulut dan gigi hingga lidah, dan akibatnya membuat mulut dan rongga mulut menjadi kebal dan tidak mampu merasakan apa pun. Bahkan, Anda pun akan kehilangan indera penciuman, bukan hanya indera perasa.

Kanker mulut dan gigi terdiri dari beragam macam, mulai dari kanker mulut, kanker lidah, dan kanker tenggorokan. Kanker mulut paling sering terjadi di bagian bibir dan lidah. Jika lidah Anda sering tergigit, bisa jadi itu merupakan salah satu tanda awal orang kena kanker lidah.

Waspada jika warna atau permukaan lidah berubah, kehilangan atau menurunnya rasa kecap, atau sariawan di lidah yang tak kunjung sembuh, kemungkinan itu juga awal kanker lidah.

Jika kondisi ini terjadi, dokter akan melakukan tindakan medis berupa biopsi untuk memastikan apakah mulut Anda sudah terkena kanker. Jika hasilnya positif, maka mau tak mau Anda harus menjalani serangkaian pengobatan penyakit kanker ataupun operasi pengangkatan kanker.

Menyikat gigi

Karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara rutin. Menyikat gigi yang terbaik adalah dua kali sehari yakni sesudah makan dan sebelum tidur.

Namun, menyikat gigi pun bukan sekadar menyikat. Jika proses menyikat gigi tidak sempurna, rutinitas menyikat gigi hanya menghilangkan 25% kuman yang ada dalam mulut.

Selain menyikat gigi, menurut Tri, lidah yang merupakan tempat bertumpuknya kuman pun harus dibersihkan secara tuntas. Karena kuman dalam lidah ini bisa menimbulkan sariawan dan gangguan penyakit mulut lainnya.

Selain bersikat gigi, pemilihan pasta gigi yang benar pun sangatlah berpengaruh dengan kesehatan gigi Anda, ditambah juga dengan penggunaan obat kumur yang menuntaskan kegiatan membersihkan mulut.

Banyak pendapat yang menyebutkan bahwa pemakaian obat kumur bisa menimbulkan infeksi dan kanker mulut. Namun, menurut Tri, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena berdasarkan uji klinis ada beberapa jenis obat kumur yang aman dikonsumsi setiap hari.

Rutin memeriksakan gigi enam bulan sekali ke dokter merupakan hal yang sangat penting, sebagai upaya pencegahan dini sebelum kerusakan gigi menyerang Anda.

Penyakit gangguan mulut lainnya yang sering dikeluhkan adalah sariawan. Dalam istilah kedokteran gigi, sariawan disebut sebagai sebagai stomatitis aftosa rekuren (SAR) yang berupa lesi/benjolan yang timbul di rongga mulut.

Sariawan biasanya muncul pada saat seseorang sedang stres, demam tinggi, menstruasi, dan kurang vitamin C. Waspadai juga sariawan yang berlebihan. Karena salah satu gejala dari kanker mulut itu adalah munculnya sariawan yang sulit sembuh dalam jangka waktu lama.

Untuk menghindari sariawan ini, cara yang harus dilakukan adalah menghindari kondisi stres; sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi; menjaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut; serta menghindari makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut.

46 Tanggapan to "CEGAH KANKER DENGAN MULUT BERSIH"

saya mau tanya,apakah kangker mulut itu ada benjolan seperti kangker2 lain?
saya sariawan di gusi blakang kanankiri bagian bawah,lama banget sembuhnya.lalu, di bagian bawah pipi saya ada benjolan kecil seperti bengkak,kalau lagi sakit gigi benjolannya membesar,tapi kalau lagi ga sakit gigi ga besar tapi masih ada.
saya k dokter gigi katanya mungkin karena tumbuh graham,tapi ko 2 tahun ga ilang2 yah?
kira2 penyakit kangker mulut biasanya menyerang pada usia berapa?

segera cek ke dokter ahli bedah mulut….
karena sariawan yang lama bisa jadi mengindikasikan kanker rongga mulut….

kanker rongga mulut bisa menyerang siapa saja….

berikutnya tunggu info selanjutnyha

saya mau tanya gigi gusi aya kan bolong tp lama ke lam dia ke luar daging dan gigi aya ska ke luar darah apa ka itu kanker

jika di bibir timbul bercak putih memanjang yg tidak hilang2 tapi tidak menonjol pada perabaan, apa ini yg disebut leukoplakia?apa bisa disembuhkan?makasih

saya sering bangeed berdarah klo gosok gigi,,
trz saya sering bgd pny msalah sama mulut,,
n saya jg pernah mengalami sariawan sampe 2 bln dibagian bibir bawah, saya sudah k dokter, tpi menurut dokter itru ga apa2,,
Tlong beritahu saya spesifikasi pengidap kanker mulut itu gejalanya apa saja yang lebih jelas,trims

saya sering sariawan di lidah kadang sampei tiga tempat sekaligus….
apalagi kalau saya telat gosok gigi….
apakah itu gejala kanker lidah?

saat ini lidah saya sedang mati rasa, masih berasa sih tp ga spt biasa nya (rasanya berkurang), ini sudah berlangsung selama 2 minggu.Awalnya dari rasa sakit di tenggorokan kemudian merembet sampai ke mulut & lidah sariawan (cukup banyak), setelah itu mati rasa di lidah sampai sekarang. beberapa hari sebelumnya ada benjolan kecil (bening) di dinding dalam pipi, jika disentuh dgn lidah tdk sakit, esok paginya benjolan tsb sudah mengempis.
permukaan lidah pada pangkalnya ada bintik2 kecil yg terlihat jelas dan sedikit berwarna putih, jika saya merasakan memakai ujung lidah, seperti nya lidah saya kebal.
mohon bantuan nya, thanks.

saya punya benjolan (tidak rata) di pipi bagian dalam, rasanya kayak mau sariawan tetapi sudah beberapa hari tidah keluar sariawanya. apakah ini gejala kanker? mohon dijawab

Maaf saya mau tanya tentang kanker mulut ini, kanker mulut apakah juga termasuk kanker ganas, yang dapat mengakibatkan kematian ??? apa bisa diatasi secara manual mungkin dengan obat-obat tradisional???

aku jg sariawan ampir setahun muncul hilang,,.,

dr beberapa dokter yang aku datengin,
kemungkinan2nya:
1.herpes
2.stress
3.kegigit
4.imun turun(ga fit)
5.trakhir dokter vonis gw radang usus.,.,.

klo ada yang tau or sama dgn gw,,share ya.!!! ga tahan nie.,.,.,

Saya mau nanya,pada langit2 mulut saya ada benjolan keras kayak tulang yg dibungkus kulit,apakah itu kanker atau tumor?bgaimana cara menyembuhkannya,trimakasi atas info.nya.

Pada bibir bagian bawah saya, terdapat benjolan seukuran biji jagung, bentukknya seperti kutil, berwarna putih. Sampai saat ini sudah hampir 3 bulan tdk sembuh juga.
awalnya berupa benjolan kecil mengandung cairan seperti luka bakar berwarna bening. karena iseng, saya gigit untuk mengeluarkan cairan tersebut. ini selalu timbul pada bagian yg sama ketika saya makan makanan pedas. bukannya sembuh, skr malah seperti kapalan.
apakah ini ciri kanker mulut??

Tq ;D

Ajuz…aku jg mengalami hal yg sama, punyamu skrg gmn tuch kutil di bibir?solusinya gmn?udh ke dktr kah?ga enk bgt nich ganjel dan kl mkn suka ke gigit jd skt.

iyaa nie aq jga sma, tp aq kcil dan brwarna bening, tpi bru2 aq dpt kyak gini gmn nie cara nyembuhinnya,.?? makasih, dibales yah

omah saya adalah perokok dari beliau masih gadis ..
saat nii mungkin beliau sudah berumut di atas 50th .
belakangan ini beliau sering merasa sakit pada semua giginya di saat sedang makan ..
dan sudah banyak giginya yang mulai berubah warna menjadi kehitaman di gusi’nya ..
apakah rasa sakit itu termasuk kedalam gejala kanker ulut ??
bagaimana cara mengatasinya ??

Maklum , sudah berumur 50th ke-atas . Menurut saya cara mengatasinya dengan meminum yang beralami. Dan obat khusus, dan juga mungkin lebih baik jika minum jus setiap bangun pagi dan sore. Terima Kasih

hm,,,mau nanya neh,,,saya juga sering sariawan di bibir bawah sering ditempat yang sama dan sembuhnya tuch lama. Apa itu salah satu gejala kanker mulut?sampai sekarang saya belum pernah konsultasi kedokter.

hi,sariawan yang sering2 terjadi dan hilang timbul kebanyakan
disebabkan selain vitamin c dan zat besi juga penceernaan yang kurang baik,,,seperti lambung luka..hal ini akan menyebabkan
panas dalam lambung yang menyebabkan bau yang kurang sedap.coba cek lambung dengan cara photo lambung…hal itu akan bisa mengetahui lambung kita terluka atau tidak…selamat mecoba

Gni.bibir saya kering bgt dn smpe luka2.akhrny bengkak gt…
Tp lama2 mkin gede bengkak dn keringny..
Itu ada hubungany sma kanker mulut g?

Banyak pertanyaan tapi belum ada jawabannya ya …
Ayo, siapa yang ngerti, bagi-bagi ilmu :)

Trims

amandel saya sudah di angkat sekitar 4thn sekarang ada bercak merah di dinding ujung lidah apakah itu di golongkan sariawan juga ?

pada langit-langit mulut saya tumbuh seperti daging mohon info utk tmpt periksa yg baik dmana? tks atas info dan sarannya

benjolan kecil di pinggiran lidah warnanya putih kekuningan, tidak terasa sakit, berbahayakah?
please

saya sering kali sariawan pada saat menstruasi,,kdg cept sembuh..kdg lbh dari 2 mggu..!!! saya sudah konsumsi vitanin,,tapi saya memang jarang mkn sayuran,,!!! kdg di lidah,,kdg di bibir!!! sudah beragam obat yg sy coba,apa saya perlu memeriksakannya ke bokter???

bapak saya lidahnya bagian kiri ada benjolan sebesar biji kacang brwarna ungu ke hitam-hitaman itu apa ?

lidah saya mengalami perubhn wrna dbgian tengahny mjd merah agak tua spt luka lecet, awlny selebar 1 ruas jari,tp skrg memanjang smpai k ujung lidah..klo saya mkn yg agak pedas atw asm akan terasa pedih dbgn ldah yg luka tersebut..hal ini sdh b’langsung ± 4bln..apakah ini trmsk gejala awl kanker lidah? klo ya, k dokter apa sya hrs brobat?

gigi graham saya kiri dan kanan berlobang, di tengah2 gigi graham yang berlobang tumbuh seperti daging lunak……. tapi sekarang pecah dan terus mengeluarkan darah kotor…. apakah itu juga salah satu gejala kanker mulut??? atau penyakit lain??? dan apa yang harus saya lakukan… thanks..

ya..
saya juga begitu,tapi daging lunak itu belum pecah tapi juga sering mengeluarkan darah…saya takut.
apakah saya harus memeriksakan masalah saya ini ke dokter ?

Saya sejak hijrah ke jakarta tahun 95 sampai sekarang bosen ngobatin yang namanya sariawan……. sebut saja salah satu jenis obat pasti pernah saya pakai. Karena bosen…jika sariawan sy diamkan saja paling 5 hari juga sembuh. Ini sya lakukan terkait dengan pola makan. Saat ini saya jauhi makanan yang mengandung pengawet, pedas2 san. Alkamdulillah sariawan muncul jika memang lagi stres, capai, makan telat, asupan vitamin kurang. kadang 5 bulan sekali kadang 3 bulan sekali.

Coba pengalaman ini siapa tau cocok. terima kasih

salam kenal …kyaknya masalahku sama kayak mbak lipi…terus waktu itu solusinya gimana ya…makasih sebelumnya….

salam kenal…dari ciri2 yg dsebutkan di atas sepertinya saya sesuai banget. dbagian gigi saya yg berlubang sering keluar darah…tidak sakit dan itu berlangsung sudah sangat lama…kadang hilang kadang muncul lagi…saya pikir mungkin karena kurang makan buah yg mengandung vitamin C. tapi sekarang ada bagian lidah saya yang mati rasa.cuma mau minta konfirmasi aja. apakah saya kena kanker lidah?

saya mau tanya .
gigi graham kanan atas bawah saya kok mendenyut2,kadang atas,kadang bawah,sampai menjalar ke bagian telinga dan bagian belakang kepala saya,rasa nyeri ini sudah beberapa kali saya obati dengan obat migran.
saya mau tanya: saya terkena penyakit apa ? bagaimana cara penyembuhannya? apakah penyakit saya tergolong berbahaya ?
trims.

gigi graham kanan atas bawah saya kok mendenyut2,kadang atas,kadang bawah,sampai menjalar ke bagian telinga dan bagian belakang kepala saya,rasa nyeri ini sudah beberapa kali saya obati dengan obat migran.
saya mau tanya: saya terkena penyakit apa ? bagaimana cara penyembuhannya? apakah penyakit saya tergolong berbahaya ?
trims.

selamat pagi maaf saya mohon penjelasan,saya sering mengalami sariawan dibibir maupun dipangkal lidah dan yang lebih mengkhawatirkan lagi ketika sariawan waktu tuk kembali sembuh bisa memakan waktu kurang lebih 2 s/d 3 minggu.Yang jadi pertanyaan disini
1. apakah saya mengalami kanker mulut?
2. bagaimana cara menanggulanginya atau cara pencegahannya apabila terkena kanker mulut?
3. apakah knker mulut itu dapat menyebabkan kematian & berpa lama orang tersebut untuk bertahan dengan penyakit kanker mulut.
terima kasih untuk penjelasannya, Tuhan Memberkati

hadoh, sariawan bisa jadi kanker ya …

selamat siang,
mohon penjelasannya saya sariawan sudah seminggu tapi sekarang sudah sembuh tapi pada langit2 mulut saya muncul benjolan dan rasanya sakit (sudah 3 hari). Apakah benjolan pada langit2 mulut saya adalah kanker mulut?

Mlm,saya penasar sama gigi grahan yg brlubang Dtengah2’y sprti ada benjolan kadang besar klu ngunyah mkn’ntp td sakit klu lg skt gigi suka brdarah,apa itu bs meyebabkan kangker gigi?Klu dicabut apa beresiko?

di bibir bagian tengah saya ada benjolan selebar biji kacang hijau…. tergigit sedit keluar darah agak banyak….. kalau di sentuh dan dirtarik perlahan rasanya sakit…… banget…… tekadang membesar….. terkadang mengecil….. kata ortu saya sih itu cuma kutil….. tapi saya kurang yakin….. apakah gejala yg tadi saya katakan itu ciri-ciri kanker mulut atau hanya kutil? kalau itu kutil, bagaimana solusi yg tepat…. soalnya saya takut banget di operasi :( …..

trimakasih, tolong dibalas dgn cepat ya :) …. soalnya saya gak tahan lagi…. :3

oh ya, saya lupa….! sudah hampir setahun gejalanya seperti ini…

Ass,, saya mau tanya awal2 saya ga nyangka bakalan sakit gigi keseringan , pertama cuma sakit di gigi geraham atas sebelah kanan, eh ga taunya ada lubang,, tapi kog setelah sebulan sakitnya nular ke gigi geraham bawah jd sakit semua , dan apabila kena kuku dikit langsung berdarah, ada juga gigi yg paling belakang aku kayaknya goyang,, soalxa ada lubang juga di tengah geraham tp dibagian itu ga berdarah, saya takut periksa ke dokter takut dicabut :'( :'( :'( saya mohon infonya apa ada obatnya ? Ada yg tau saya kena apa ? Mksh

Saya udah beberapa bulan ini, sering terjadi hal* aneh. . Seperti gusi saya selalu berdarah setiap pagi. . .apa itu tanda* kanker gigi?

Dok..sudah 1 bulan Ȋ̝̊ηȋ̝̊ ªϑa̲̅ benjolan bening kemerahan d bibir bawah sebelah kiri..tidak sakit tp lumayan ganggu jg krn benjolanny semakin membesar..sempat mengecil tp langsung membesar lg kalo makan makanan panas spt mie..atau makanan pedas..apa Ȋ̝̊ηȋ̝̊ kangker mulut atau hanya sariawan..tks

Selamat sore dok,knp yaa papila lidah sy yg kiri membesar trs d atas papila itu jg ada benjolan kecil putih terasa senut2 jg…penyebabnya itu apa ya dok?soalnya sdh sbln lebih…sy sdh k dokter gigi 2 kali tp dokter bil gpp lalu sy d kasi obat kumur tp tetap aja papila sy masi bengkak dan d atas nya itu ada benjolan kecil jd sprti numpuk ga enak sekali trsa senut2 d lidah bagian kiri…itu pnyebabnya apa ya dok?trs k dokter mana syg hrs periksa lg?;) τнänκ чöü ;)

Selamat sore dok, di leher aku ada benjolan ga berasa apa2 sih, cuma kadang2 pegal, tapi aku merasa terganggu bgt sama nafas yg ga enak bgt apalagi klo aku bangun tidur, air liur aku warnanya coklat & bau, padahal aku udah rajin gosok gigi,mohon solusinya dok, trims

saya mw nannya,,,,di bawah lidah saya tumbuh macam daging,,,,dahu saya pun bengkak apa gejalanya dan bagaimna cra mngobatinnya

saya mau tanya..setelah bangun tidur terkadang air ludah brwarna coklat dan bau menyengat, pdhl sy tdk prnh skt gigi dan gigi tdk ada yg brlubang.. sy sgt trganggu aktifitas sehari2 terasa bau dr dlm, apa krn pencernaan y dok.. mhn solusi dan obat apa?

Tinggalkan Balasan

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 406,566 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

