Jejak Lawalangy, Koemo Wuto Sumanomo Liwu

DPRD Muna Setujui Pemekaran Muna Barat dan Kota Raha

Posted on: Juni 9, 2007

Penantian panitia pemekaran Muna Barat dan peningkatan status Kota Raha,kemarin terjawab.Setelah sidang paripurnah DPRD Muna yang dipimpin Ny Hj Waode Zaenab Halik menelorkan rekomendasi politik, setelah 5 fraksi membacakan pemandangan umumnya,tentang pemekaran Muna Barat,peningkatan stutus kota Raha dan pemindahan ibukota Kabupaten Muna. Fraksi Golkar dengan juru bicara Drs La Nika mengatakan,pemekaran ini merupakan sebuah aspirasi yang perlu disahuti.
Sehingga pemekaran Muna Barat dengan penggabungan Kecamatan,masing masing, Lawa, Sawerigadi, Kusambi, Barangka, Tikep, Tiworo Tengah,serta Maginti dengan nama Kabupaten Lawero dengan lokasi ibukota Kabupaten di Sawerigadi. Sementara Kota Raha dengan wilayah kecamatan Napabalano, Lasalepa, Batalaiworu, Katobu, Duruka, Lohia, Kontunaga dan Watuputih. Demikian pula untuk Kabupaten Muna dengan kecamatan Pasir Putih, Maligano, Wakorsel, Kabangka, Bone, Parigi, Kabawo dan Tongkuno dengan nama Kabupaten Wuna, sementara lokasi ibukota Kabupaten antara Kabawo dan Bone.
Hal yang sama juga dikatakan Harlin Barisala juru bicara dari fraksi PPP,bahwa tidak ada alasan bagi Fraksi PPP untuk tidak menyetujui pemekaran Muna Barat, pengingkatan status Kota Raha dan pemindahan Ibukota Kabupaten Muna. “Fraksi PPP menyahuti pemekaran ini dan setuju untuk dimekarkan,” ujar Harlin yang juga mantan Ketua Senat Mahasiswa FKIP UVRI Makasar.

Rapat paripurnah ini juga turut dihadiri bupati Muna Ridwan BAE serta ratusan massa dari elemen masyarakat calon pemekaran itu. Bahkan LM.Nurdin Olo Ketua Panitia pemekaran Muna Barat serta Dr. H Laode Baharuddin MSI, ketua panitia peningkatan status Kota Raha juga turut hadir lengkap dengan pantia pendukung.

Sujud Achmad Ado,SE Anggota DPRD Muna yang ditemui mengatakan,hari ini dukungan politik DPRD Muna telah ada, tergantung agresifitas panitia. Sehingga pemekaran dapat dilakukan. “Kami memberi apresiasi yang positif kepada panitia pemekaran Muna Barat dan peningkatan status kota Raha,karena keuletannya,sehingga semua pihak memberikan dukungan,dan hari ini DPRD Muna juga memberikan dukungan politik,” ujar Sujud Ado.

Sementara ketua panitia pemekaran Muna Barat LM Nurdin Olo SE mengatakan dukungan politik ini kami sangat harapkan,sebagai pintu masuk untuk terwujudnya pemekaran. Dan Alhamdulillah, DPRD Muna telah memberi respon yang positif,dan kami berterimah kasih kepada DPRD Muna yang telah melahirkan rekomendasi tersebut. “Ibarat orang akan melansungkan pesta pernikahan,saat ini kami sudah masuk pintu gerbang dan akan mengikuti ijab kabul,” ujar Nurdin Olo,yang juga Direktur PD Soliwunto Raha.

Menurut Nurdin,untuk mewujudkan pemekaran ini,pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin,sehingga pemekaran Muna Barat akan memberi nilai yang positif bagi masyarakat. “Saya berharap terwujudnya pemekaran Muna Barat itu, dapat terwujud secepatnya. Dan kami akan bekerja maksimal, sehingga harapan masyarakat dapat terwujud,” ujar Nurdin

About these ads

30 Tanggapan to "DPRD Muna Setujui Pemekaran Muna Barat dan Kota Raha"

Sebagai WNI saya berarap dengan adanya pemekaran tersebut dapat memberikan nuansa baru dan kehidupan rakyat Muna sejahtera dan dapat tercipta masyarakat adil dan makmur

Sebagai pemerhati pembangunan Muna, saya tidak setuju dengan konsep “Pemekaran” dalam rangka peningkatan pembangunan di Muna. Kebijakan pemekaran dapat dilakukan jika adanya keterbatasan pelayanan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Seharusnya, pemerintah menilai kelayakan yang lebih vital, untuk memekarkan suatu wilayah seperti: kemampuan wilayah tersebut dalam membiayai daerahnya, kelayakan luas wilayah (jangkauan dari ibukota kabupaten).
Bogor saja yang luas, tidak berambisi untuk mekar, apalagi hanya muna yang hanya mengandalkan PBB dan retribusi sebagai PAD. seharusnya Muna (penguasa dan konco-koncone) malu, kalau selalu tergantung pada dana perimbangan dari pusat.
Saran saya : 1) Benahi seluruh sektor untuk mencapai kemandirian, 2) Berdayakan masyarakat dengan Sumber daya yang ada, dan 3) Punya rasa malu jika Laporan PAD hanya dari PBB dan retribusi yang persentasenya setitik tinta pada paper.

Saya saya saya,,idem idem idem aja,sebab saya saya saya,,cuman orang kampungan yang gak tau apa apa….OO,,JAMAL,,,paise omandehao kanau ghane hadae,,taka aini omandehao LASIMANTO beLAFAINDA,,OMANDEHAKANAUMO,,INODI isando LA SIMANTO lambumani te mahono lambundo lasandara,opandehaanemo kan,,nando omorurubu ihintu amerantau inodi ghane…aini omoni te galu itu ta feabhamo dua tekaombelano inaku ela,,,sikola ghane fekapande pande,,fekiri mamamu tatu no saki kaasi…koemo terpengaruh be kilate djunia…

pemekaran daerah..??? kayaknya bagus banget tuh…but emang daerahnya udah sanggup lom…???klo cuma ambisi sebagian oknum elite politik yang hanya membela kepentingannya sendiri sich..lebih baik ngga usah aja…perlu kajian ulang tentang kemampuan daerah untuk mampu secara mandiri dalam mengelola hasil daerahnya sendiri..serta kemampuan SDMnya, sarana dan prasarana yang ada, infrastrukturnya dan pendapatan asli daerahnya…klo belum layak ngga usah di paksakan dech…oke?buat aris laria…anda udh hebat yach sekarang..maju terus…masa depan di tangan kamu…salam buat rekan2 kmu di cikaret…VIVIA SMK Kelautan & Perikanan Raha
NB: bagi rekan2 yang mw pesan baju kaos bercorak khas daerah muna silahkan pesan di 085242134094…karimbaa….karena bajunya terbatas…oke?

hebat sekarang yach sdh jd pembisnis baju kaos, sehae gara haragano itu….

pemekaran dan peningkatan status kab muna menjadi kota? menurut saya sah-sah saja. sejauh mana dampak pemekaran itu memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan kualitas pelayanan untuk masyarakat. ketika kita berani berbicara tantang pemekaran daerah berarti kita sudah siap sengan segala syarat untuk mekarnya sebuah daerah. baik itu dari sisi kemampuan wilayah dalam mendanai aktifitas pemerintahannya kelak (penting bangt neh……………) atau dari segi SDMnya, kondisi georafis, dan potensi lainnya. persoalannya kalau kita tanya siap ngga siap muna dengan potensinya untuk mekar atau berubah status pasti jawaban responden berbeda-beda. kalau saya pribadi bilang muna boleh mekar atau berubah status jadi kota. namun PR kita bersama bila hal tersebut sudah terwujud adalah gimana kita bisa bangun muna yang baru untuk lebih baik dari muna yang kemarin. utamanya gimana caranya kita bisa narik investor seboanyak-boanyaknya biar bisa nanam modalnya di muna kita tercinta ini. eeeiiiit………! sebelum kita jauh bicara tentang pemekaran muna saya punya usul neh… gimana kalau kita MEREFORMASI SISTEM BIROKRASI DI KABUPATEN MUNA? gimana kalau kita sepakat merubah paradigma pemberian pelayanan dari aparat birokrasi kepada masyarakat yang MENURUT SAYA terkesan “BISA MUDAH MALAH DIPERSULIT” selama ini kita perbaiki menjadi “SEGALANYA GAK ADA YANG SULIT DI KAB.MUNA” baru rame- rame kita ngomong pemekkaran daerah.

Hoi, ini alamat blogku yang baru…bantu ya…
achmadfiqar.wordpress.com

Setiap pengajuan pemekaran harus disertai dengan data kemampuan suatu daerah untuk dianggap layak berdiri sendiri bukan atas motif politis akan kekuasaan yang akan menghasilkan raja-raja baru di daerah. Untuk itu, setiap warga harus dengan logis menilai masing2 daerah layak/tidak dilakukan pemekaran. Salam pembangnan Indonesia

Pemekaran…. !!!

Nembali, taka mina nembali dua….

Nembali ane nandomo modala so nembaligho de wanugho liwu koadhathino.
– nandomo mie mandeno meurusuno liwu (soano mandeno mekasibuno kawulehano rayati)
– nandomo kagiuha. aitu nando nobari mekapihino we liwu no mie.

paeho nembali ane minaho namunando so kadadiha mokesano we liwuntoomu ini.

Hansuru-hansuru badha sumano koe Hansuru Liwu
Hansuru ana Liwu sumano koe Hansuru Adhati
Hansuru ana Adhati sumano koe Hansuru Agama

Salam, 0852 405 18453

saya pikir, sudah saatnya kabupaten muna barat pisah dengan muna. bagi oknum oknum yang yang tidak mengetahui hostoris pemekaran maka perlu mencara informasi yang akurat mengapa muna barat itu ingin pisah.

Soba pakatu kaeta “HISTORIS NO” nagha,

pakatu kaeta, ne block ntoomu ini e…..

nembali to kolambuno. Dhe Lawalangy….

Peda haemo itu Guder… Nando metaahi mo to…

…. BAISITIE….

Saya harap masalah pemekaran tdk perlu di gembar-gemborkan dulu karena menurut saya masih terlalu prematur untuk diadakan pemekaran dan belum pantas ,kalau masalah luas wilayah tidak jadi soal tetapi harus diingat bahwa pendapatan asli daerah hanya mengandalkan pajak saja. benar sekali komentar diatas bahwa itu hanya ambisi elit politik saja dan tidak akan membuat masyarakat menjadi lebih baik.yang paling penting adalah benahi dulu sarana dan prasarana daerah, sdm nya serta sifat feodalisme masyarakatnya harus dikikis habis.

maaf, saya bukan ahli pemekaran dan disiplin ilmu saya bukan pada persoalan itu, tapi paling tidak saya ingin berkomentar tentang pemekaran di kabupaten muna yang juga daerah kelahiran saya. Saya harap masalah pemekaran tdk dilatarbelakangi oleh persoalan kepentingan politik, masalah pemekaran harus betul-betul dikaji dari segi kepantingan rakyat, daya dukung untuk menjadi kabupaten. jangan sampai setelah dimekarkan bukan kesejahteraan yang didapatkan oleh masayrakat tetapi justu ketertinggalan yang terus melanda.
saya sepakat kalau kita harus berbenah dari segi sarana dan prasarana, infrastruktur untuk menopang suatu daerah otonom untuk kemudioan kita mekarkan. sumber daya yang akan menunjang apa???????????????? jangan jadikan rakyat sebagai tumbal dari kepentingan para elit politik.
pada dasarnya saya sepakat dengan pemekaran jika berpihak pada kepentingan rakyat bukat kepentingan pra elit politik yang ingin mencari prestise.

assalamu ‘alaikum warohmatullaahi wabarokatuh,…

“sesuatu” butuh perkembangan,
Maafkan, kalau sebelumnya kami su’uzhon,..

Mereka yang sekolah di Kota Pendidikan sana dan ada yang samapai meraih ke-Sarjan Ulmu Politik-nya pasti sudah mempunya konsep yang mumpuni. Selamat…!
Anda pantas ” Menjabat Sebagai Pemimpin ” daerah kelahiran kami selanjutnya.

dan Dia sang Maha Pemimpin telah menetapkan aturan yang terbaik buat memimpin daerah kelahiran yang terbaik. (karena disanalah aku dilahirkan).

Jika berbelok, maka di “HARAP SEMUA BERSEDIA MENERIMA AZAB-NYA”

ode,….
tidak usami ko kasi takut-takut diorang,

diorang itu lebih pintar dari kamu.

tapi kolo ko mo kenalan dengan mereka, kirimkan saja nomor HP mu
atau ko minta sama diorang nomor HPnya…

Assalamu Alaikum…
Pemekaran atau tidaknya Muna Barat, yang terpenting adalah kita semua punya komitmen untuk membangun Muna.Hendaknya dengan adanya pemekaran Muna Barat tidak menjadikan adanya sekat-sekat pembangunan di tanah wuna. Mau Kota Raha,Muna Barat,Kabupaten Muna kita harus pahami bahwa semua itu berasal dari satu darah Muna. Pemekaran tak berarti pisah dan pecah, tetapi pemekaran berarti menghimpun segalapotensi daerah dari tiap-tiap wilayah yang belum tapi ingin disentuh…

Pernahkah kita berpikir bahwa potensi pariwisata,perikanan,pertanian,dll yang ada ditanah muna adalah semua aset berharga yang perlu dikembangkan??Dalam pemikiran orang yang melihat moment sebagai peluang maka aset itu sangat berharga untuk dikembangkan…Semoga dengan pemekaran berarti lebih mekar pula daya pikir melihat setiap moment itu…

Sbnarx sih pemekaran tu bagus,,, tapi…..apakah ni betul2 untuk kesejahteraan rakyat ato cman prmainan para elite Politic untk brbagi sesuap nasi (bagi2 jabatan)????
Mending yg nmx pemekaran dKab. Muna nanti dulu dech,,,
khusus bwat pejabat2 dkab. Muna, mending berdayakan dl SDM n’ SDA yg ada. Muna, memiliki potensi SDA (Kelautan, Pertanian, dll) yg luar biasa bgtu jg dgn SDMx sngat luar biasa. tp sampai hr ni smua tu tdk prnah dberdayakan..
tunggu smuax hancur br dprhatiin ya….
kapan ya, PEMDA btul2 memperhatikan nasib rakyat kecil…!!!!
sungguh kasihan nasib masyarakat dKab. Muna…!!!!!!!!

Hidup Rakyat, Hidup Mahasiswa…

salam ya bwt saudara2Q masyarakat dan Mahasiswa Muna seluruh Indonesia.. HormatQ Poetra Moena.

Langkah mekar semoga tidak bernuansa politik,
kajian kelayakan mekar harap di perhatikan.
saya takut ini jd bumerang, malu jika baru 2 tahun atw 3 thn uda mau dirampingkan kembali. siapkah secara utuh muna untuk dimekarkan?

siap, persualan pemekaran sy kira suda lama kita ingin kan.jadi jangan. ketika muna mau mekar kalian mau halang2 lagi.sy kira pa bupati muna yg pertama inginkan pemekaran ini. iya kan………ketika bupati luaskan untuk mekar insaula lima tahun kedepan bapa akan terpili lagi amin…….masarakat muna slalu di blakang bapa.

pemekarang muna barat dan kota raha HARGA MATI

kepala pemerintahan yg bodo.yg tidak bisa menerima masala rakyat muna.kalau memang tidak bisa lebi bagus mundur saja dari jabatan ini. masi banyak ko yg lain yg mau menerima keluhan rakyat.

La Ode AB Madenda ,Ketua KPP-OTDA Jawa Barat

Kalau DPRD punya gagasan politik ingin adanya pemekaran Kabupaten Muna pada tahun 2008 lalu yaitu adanya Kabupaten Muna Barat itu adalah wacna yang tidak masuk akal,lebih konyol lagi gagasan itu telah disetujui para anggota DPRD Kab.Muna dimasa era Bupati M.Ridwan yang kepemimpinannya penuh dengan KKN dan mengecewakan rakyat
Saya berpendapat bahwa ide pemekaran Kabupaten Muna pada waktu itu hanya merupakan isu politik yang berkembang di masyarakat Muna kemudianditanggapi oleh para anggota fraksi di DPRD Kabupaten Muna. Padahal persyaratan sesuatu Kabupaten baru bisa dimekarkan ada persyatan yang harus terpenuhi yaitu: 1. Jumlah penduduk.Luas Wilayah.Penghasilan Asli Daerah (PAD).Kebutuhan mendesak.
Betul pemekaran Daerah bisa terlealisasi hanya dengan kemauan politik seperti halnya Kota CimahidiPropinsi Jawa Barat. Kota Cimahi wilayahnya sangat sempit hanya terdiri dari tiga kecamatan namun karena adanya kemauan politik masyarakat Cimahi untuk memisahkan diri dari Kota Bandung maka oleh Menteri dalam Negeri disetujui jadi Kota yang berdiri sendiri.Pertimbangannya karena Cimahi padat penduduknya dan disana punya ESM dan pabrik-pabrik banyak.Penghasilan Daerah cukup. ( La Ode AB )

bicara mengenai pemekaran d muna kita tercinta……
Aku, kamu,dia dan mereka yang hanya bisa jadi komentator sejati…..
Layaknya apa yang kita utarakan itu bagusnya brasal dari pandangan kita trhadad smua lini, segi, sudut dan tiap inchi kehidupan yg ada di muna kita tercinta….
Khwatirnya kalw cuma dri satu sudut pandang saja, pasti yang ada cuma pro dan kontra…
Selanjutnya kalw mau liat ke belakang, satu-satunya hal yang melatar belakangi pemekaran i2 adlh yg namanya tdak maksimalx plyanan pemerintah kpada masyarakat…..
Tidak perlu tanya siap dan tidak…
Sesuatu yg tlh trjadi dan brwujud amanah itu pasti bisa d jalankan,..DIA TDK AKN MEMBERI AMANAH ATW TANGGUNG JAWAB YG BESAR KALW DIA TAU KAMU TDK MAMPU MENYELESAIKANYA…
saya kira potensi SDA DAN SDM d muna i2 adlah harta terbesar wuna bharakati…
Tgl d menej sdmikian rupa…yg penting ga usah pake yg namax kpentingan elit politik (anjing brdasi). Hehehe…

katakutan saya pribadi adalah ini dijadikan sebagai momen tuk membagi2 kekuasaan..(raja kecil di daerah)…mungkin sy kurang mahfum tentang kriteria sebuah daerah yg mau dimekarkan tpi kekhawatirn saya adalah jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang….

anak_desa

lanjutkan muna barat………………!!!!

orang bilang pemekaran muna barat harga mati,,,,. yang saya pertanyakan sudah siapkah daerah ini menanggung beban sendiri……?

januari 1,
dari pada mikirin pemekaran lebih baik mikirin bagaimana meningkatkan PAD karena untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat muna itu seharusnya yang mendesak saat ini sehinggA MUNA TIDAK LAGI menjadi daerah tertinggal…….. !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Blog Stats

  • 401,892 hits
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: